Bawaslu Bulukumba Buka Rekrutmen Pengawas Pemilu Lapangan 

  • Bagikan
Ambo Radde

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bulukumba segera membuka pendaftaran

Pengawas Pemilu Lapangan (PPL).  Sebanyak 136 orang PPL akan dipilih dan ditugaskan di seluruh desa dan kelurahan di Bulukumba. 

Ketua Bawaslu Bulukumba, Ambo Radde, mengatakan, rektutmen itu dilakukan dalam rangka mengawal tahapan pemilu 2024 agar berlangsung aman demokratis dan berkeadilan. 

"Rekrutmen kita lakukan di semua desa dan kelurahan. Jumlahnya 136 orang. Masing-masing satu orang  per desa kelurahan. Jadi pendaftaran PPL ini setelah Panwascam kita lantik, " katanya, Senin, 9 Januari 2023.

Ambo Radde menjelaskan, saat ini pihaknya telah membuat pengumuman pendaftaran yang dibuka sejak 9 sampai 13 Januari 2023. Setelah itu pada 14 sampai 19 Januari pendaftaran dan penerimaan berkas. 

"Pelantikannya itu antara 5 dan 6 Februari 2023. Jadi kami ajak putra-putri Bukukumba untuk menjadi bagian dari Bawaslu untuk mengawasi pemilu, " Katanya. 

Meski begitu, untuk menciptakan iklim demokrasi yang sehat khususnya dalam mengawasi penyelenggaraan kepemiluan, masyarakat  tidak meski menjadi bagian langsung dari Bawaslu. Namun secara individu atau kelompok masyarakat  sadar dalam menjaga serta mengawasi segala praktik kecurangan pemilu. 

"Aktif memberikan informasi dan komitmen melawan politik uang merupakan bagian kerja dari Bawaslu. Jadi tugas ini melekat dan menjadi tanggungjawab moril selaku warga negara yang hidup dalam sistem demokrasi, " katanya. (rakhmat fajar) 

  • Bagikan