Poros Bantaeng Rawan Pohon Tumbang

  • Bagikan

BANTAENG, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID.CO.ID -- Badan Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah Sulawesi Selatan mirilis prakiraan cuaca untuk wilayah selatan Sulsel tentang peningkatan curah hujan.

Dalam surat himbauan BMKG yang beredar, prakiraan intensitas hujan lebat dan sangat lebat untuk wilayah selatan yang meliputi Kabupaten Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba dan Selayar yang diperkirakan akan terjadi 12 hingga 16 Februari 2023.

Masyarakat pun diimbau meningkatkan kesiapsiagaan terhadap potensi terjadinya bencana hidrometeorologi. Adapun dampak yang ditimbulkan antara lain, banjir, tanah longsor, angin kencang serta pohon tumbang.

Menurut Irfan Fajar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantaeng, dengan adanya surat himbauan tersebut, diharapkan agar masyarakat meningkatkan kesiapsiagaan terhadap potensi bencana.

Selain itu kata dia, BPBD Bantaeng juga melakukan beberapa langkah-langkah antisipasi salah satunya melakukan penyampaian ke pemerintah setempat.

"Langkah yang kita lakukan penyampaian kepada seluruh kepala desa dan lurah untuk siaga dalam menghadapi cuaca ekstrem ini," kata Irfan Fajar.

Sementara itu, salah satu pengendara Akbar mengatakan bahwa hujan disertai anging kencang, sangat rawan terjadi pohon tumbang.

"Cuaca ekstrem ini yang disertai angin kencang, rawan terjadi pohon tumbang, mengingat di sepanjang jalan poros Bantaeng ada jenis pohon trambesi yang rawan tumbang," kata dia. (Ahmad Zhuhri)

  • Bagikan