Kadis Perpustakaan Serahkan Buku Profil Longwis ke Mendagri

  • Bagikan

MAKASSAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menjadi tuan rumah Kegiatan Nasional Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-27. Peringatan Hari OTDA ke-27 di Kota Makassar dihadiri  para Pejabat Kementerian dan Lembaga, Para Gubernur dan Forkopimda Provinsi, Para Bupati/Walikota dan Forkopimda Kabupaten/Kota se-Indonesia serta undangan lainnya.

Kesuksesan Peringatan Hari OTDA ke-27 tidak lepas dari Pelibatan semua stakeholder. Salah satunya adalah Dinas Perpustakaan yang turut mengambil bagian dalam mensukseskan Acara Peringatan Hari Otonomi Daerah.

Adapun peran yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakanan adalah Pencetakan dan Penerbitan  Buku Profil Lorong Wisata Pilihan di Kota Makassar yang disusun oleh Camat dan SKPD se-Kota Makassar. Dalam Buku Profil Lorong Wisata ini  ada 12 Lorong yang menjadi unggulan ditampilkan.

Buku Profil tersebut menjadi book guide bagi para tamu undangan yang mengikuti City Tour di Lorong Wisata yang berjumlah 12 titik. Teknis pendistribusiannya dilakukan di Anjungan Pantai Losari dan masing-masing Lorong Wisata yang akan dikunjungi.

Selain Pencetakan buku, Dinas Perpustakan juga  menentukan satu orang "Paccarita Lorong" yang memandu para tamu undangan di Lorong Wisata untuk lebih mengenal potensi yang ada dalam lorong tersebut. “Paccarita ini dipilih dari warga yang ada di dalam lorong  yang tergabung dalam "Dewan Lorong (D'Lor)" dimana sebelumnya Dinas Pariwisata telah memberikan Coaching kepada D’Lor tentang bagaimana memandu tamu dan berbicara di depan publik,” jelas Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Tenri A. Palallo.

Bersama dengan Walikota Makassar Mohammad Ramdhan "Danny" Pomanto , Kepala Dinas Perpustakaan Tenri A Palallo secara langsung menyerahkan Buku Profil Lorong Wisata Kota Makassar kepada Menteri Dalam Negeri Bapak Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D. tepatnya di Lorong Wisata Sydney Kelurahan Tello Baru Kecamatan Panakukang. Sementara Wakil Walikota Makassar Fatmawati Rusdi mendampingi beberapa Kepala Daerah mengikuti rangkaian City Tour  di Lorong Wisata Kyoto yang terletak di Kelurahan Parangtambung Kecamatan Tamalate.

Harapan Walikota Makassar,  dengan adanya Buku Profil ini para tamu undangan dari berbagai daerah di Indonesia bisa lebih mengenal Kota Makassar melalui lorong wisata yang bisa menjadi salah satu alternatif destinasi unggulan di Kota Makassar disamping Makassar sebagai Kota Makan Enak yang menjadi Branding baru Kota Makassar. (rs)

  • Bagikan

Exit mobile version