Kemah Pramuka Ujung Bulu, Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme Pada Generasi Muda

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID - - Perkemahan Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Ujung Bulu resmi dibuka sore tadi, Sabtu 12 Agustus 2023. Acara yang berlangsung di Taman Cekkeng, Kelurahan Ela-ela Kabupaten Bulukumba tersebut berlangsung semarak.

Ketua Panitia Kegiatan, Jusman menjelaskan, perkemahan Pramuka menjadi sarana yang efektif untuk melatih keterampilan, karakter dan kepribadian anak-anak menjadi lebih tangguh dan mandiri sehingga lahir generasi muda yang berjiwa nasionalis.

Ia juga memaparkan, sebanyak 33 sekolah se Kecamatan Ujung ikut berpartisipasi dalam perkemahan tersebut, terbagi atas 23 Sekolah Dasar (SD), lima Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan lima Sekolah Menengah dan Sederajat (SMA/SMK).

Kata Jusman, melalui perkemahan ini, banyak lomba yang disediakan panitia yang bisa memacu semangat dan jiwa nasionalisme para siswa-siswi sebagai calon generasi masa depan bangsa yang cerdas dan tangguh.

“Ada 12 cabang lomba, diantaranya ada lomba unggulan yakni lomba simpul lomba pionering, lomba keagamaan, lomba seni dan lomba rangking 1,” tuturnya saat ditemui seusai gelaran pembukaan Mewakili seluruh panitia Perkemahan, Jusman berharap agar kegiatan kepramukaan ini bisa terus berlangsung semarak dan tetap digelar setiap tahunnya.

“Tentu tujuannya untuk menjunjung tinggi nilai-nilai pramuka yang ada di negara dan bangsa kita. Juga semoga pelaksanaan perkemahan tahun ini adalah pelaksanaan yang terbaik dari tahun-tahun sebelumnya. Insya allah,” harapnya tersenyum.

Jusman juga menyampaikan, perkemahan ini telah terkoordinasi dan menjalin kerjasama dengan pemerintah setempat dan masyarakat sekitar yang sangat mendukung kegiatan ini. (*)

Penulis: Kurnia, Anggota PPK Ujung Bulu Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM

  • Bagikan