Legend Kiwal Garuda Hitam Bulukumba Resmi Terbentuk, Siap Kawal Program Pemerintah

  • Bagikan
Anggota Legend Kiwal Bulukumba

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Organisasi Masyarakat (Ormas) Legend Kiwal Garuda Hitam (LKGH) resmi melebarkan sayapnya di Kabupaten Bulukumba. Itu ditandai dengan pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) LKGH Bulukumba yang digelar di Tribun Lapangan Pemuda Bulukumba pada Sabtu, 26 Agustus 2023.

Para pengurus serta anggota Legend Kiwal Bulukumba dilantik langsung oleh Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) LKGH, H Andi Satria yang didampingi oleh Ketua Harian LKGH, Amaluddin Zaihal.

Muh. Salman Z Patongai diamanahkan sebagai Ketua DPD LKGH Bulukumba, dan Zaenal Basrun sebagai Ketua Badan Bodyguard LKGH Bulukumba.

Semetara itu H Amri dipercaya sebagai Dewan Pembina Legend Kiwal Garuda Hitam Bulukumba dan Camat Ujungbulu, Andi Ashadi dipercaya sebagai Dewan Pembina Badan Bodyguard.

Ketua DPD Legend Kiwal Bulukumba, Muh. Salman dalam sambutannya menyampaikan harapannya dengan terbentuknya DPD Legend Kiwal Bulukumba akan memberikan kontribusi positif dalam program pembangunan di Kabupaten Bulukumba.

"Legend Kiwal Garuda Hitam ini merupakan lembaga resmi dan diakui keberadaannya oleh negara, olehnya kami bertekad untuk berkontribusi nyata dan membantu pemerintah dalam menjalankan programnya," kata Plt.Kepala DLHK Bulukumba itu.

Salman menjelaskan bahwa organisasi yang berpusat di kota Makassar tersebut kini tidak hanya fokus dalam memberikan
layanan atau jasa pengawalan, tetapi juga memiliki program sosial, seni, dan kebudayaan.

"Selain badan body guard, kami juga memiliki badan kesenian, Srikandi, dan program-program kami juga banyak yang sifatnya pemberdayaan," papar Salman.

Ketua Harian LKGH, Amaluddin Zaihal menjelaskan salah satu tujuan dibentuknya Legend Kiwal GH tidak hanya sebagai sebagai lembaga pengawal profesional, tetapi juga sebagai upaya dalam melestarikan budaya di Sulsel.

"Kami dalam LKGH memiliki keresahan yang sama soal kebudayaan, semakin berkembangnya zaman eksistensi kebudayaan kita juga semakin terancam. Olehnya kami membentuk badan seni budaya dalam LKGH sebagai upaya nyata dalam pelestarian budaya," jelas Amal.

Kehadiran LKGH selama ini juga banyak memberdayakan pemuda-pemuda yang sebelumnya tidak produktif kini mampu berkontribusi untuk negara.

"Banyak dari kami yang hidup di jalanan, hidup sebagai gelandangan, tapi dengan bergabung ke Legend Kiwal Garuda Hitam, Alhamdulillah kami bisa hidup dengan baik dan merasa berguna untuk negara dan agama," kata Amal.

Amal berharap dengan terbentuknya LKGH di Kabupaten Bulukumba juga dapat membantu masyarakat dan pemerintah untuk memajukan kabupaten yang berjuluk Butta Panrita Lopi tersebut.

Tidak hanya dihadiri oleh para pengurus LKGH, acara pelantikan juga dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Kepala Dinas Parawisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Bulukumba, Feriawan Z Fahmi yang mewakili Bupati Bulukumba, Wakil Ketua DPRD Bulukumba, H Patudangi, serta Ketua KONI Bulukumba, A. Makkasau.

Keberadaan tamu-tamu penting itu merupakan harapan besar bagi Legend Kiwal untuk dapat berkembang pesat sebagai Ormas di Kabupaten Bulukumba.

Selain kegiatan pelantikan, LKGH Bulukumba juga menggelar kegiatan adu panco dan body contest yang diikuti oleh peserta dari berbagai kabupaten/kota di Sulsel. (Baso Marewa)

  • Bagikan