2024, Pemdes Seppang Prioritaskan Program Ketahanan Pangan

  • Bagikan
Penyaluran bantuan pupuk di Desa Seppang, Kecamatan Ujungloe. Kabupaten Bulukumba.

UJUNGLOE, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Desa Seppang, Kecamatan Ujungloe, memprogramkan ketahanan pangan. Program tersebut menjadi salah satu program prioritas untuk tahun 2024 mendatang.

Kepala Desa Seppang, Samsu mengatakan, dalam program tersebut pemerintah desa akan menyalurkan bantuan bibit dan pupuk. Namun jenis bibit dan pupuk yang akan disalurkan belum ditetapkan.

"Namun, jika berdasar bantuan tahun ini yang disalurkan berupa bibit padi dan mangga. Karena untuk pengadaan bibit dan pupuk itu tidak bisa langsung, ada prosedur yang harus diikuti termasuk rekomendasi dari dinas terkait," terangnya.

Samsu menambahkan, salah satu dasar hukum penyusunan program Permendesa tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa adalah PP No. 60 Tahun 2014 dan PP No. 22 Tahun 2015.

"Tentunya dalam penyusunan perencanaan program desa, pemerintah desa berdasar pada peraturan pemerintah maupun undang-undang," tambahnya.

Dikutip dari Ditjenpdp.kemendesa.go.id, tujuh prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2024  diantaranya pengentasan kemiskinan ekstrem,  Intervensi percepatan eliminasi TBC, Ketahanan pangan nabatai dan hewani, Pencegahan narkoba,  Penurunan stunting,  Dana oeperasional pemerintah Desa, dan Optimalisasi pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional. (*)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Suparman
  • Bagikan