Dua Mahasiswa Bulukumba Juara 1 Kompetisi Ide Kemenpan-RB

  • Bagikan
Dua mahasiswa asal Kabupaten Bulukumba, Fakhri Fauzan dan Shafa Syahrani berhasil menyabet juara 1 Kompetisi Ide yang dilaksanakan Kemenpan-RB bekerja sama dengan USAID-ERAT.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Dua mahasiswa asal Kabupaten Bulukumba, Fakhri Fauzan dan Shafa Syahrani berhasil menyabet juara 1 Kompetisi Ide yang dilaksanakan  Kemenpan-RB bekerja sama dengan USAID-ERAT. Kedua mahasiswa ini tengah menempuh pendidikan di Universitas Negeri Makassar (UNM)

Event ini dalam rangka pengembangan pelayanan publik yang melibatkan partisipasi anak muda bertajuk Ideathon. Kompetisi  dibagi dalam 3 kategori, yaitu ASN muda, mahasiswa, dan praktisi/akademisi.

Shafa Syahrani mengaku bersyukur dapat mengukir prestasi dengan mengharumkan nama Bulukumba di kancah nasional. Apalagi ada 2.291 pendaftar pada semua kategori dan ada 608 yang ikut kumpul ide.

"Kami berdua mengikuti kategori mahasiswa. Alhamdulillah kami juara 1,"ujarnya.

Shafa Syahrani menguraikan proses panjang bisa sampai ke tahap Juara 1. Awalnya ia mengirimkan ide dalam bentuk catatan konsep dengan mengambil tema kesehatan.

"Adapun judul yang kami tawarkan sebagai solusi untuk mewujudkan pelayanan publik yang prima yaitu “Healthy Traditional Market: Strategi Penataan Pasar Traditional Berbasis Pemetaan, Edukasi, dan Klasifikasi Produk dalam Mengatasi Stunting di Sulawesi Selatan”,"Jelasnya.

Adapun tahap seleksi yang dilalui, yaitu masa pengajuan ide lalu pengumuman finalis pada babak final. Pada babak final, catatan konsep yang telah dikumpulkan dituangkan dalam bentuk pitch deck yang kemudian pada babak ini merupakan sesi pitching.

Pada babak final, kata Shafa lagi, terdapat 7 judul yang lolos. Setelah pitching yang berisi presentasi dan sesi tanya jawab, maka terpilihlah 3 juara.

"Tahap selanjutnya setelah menjadi juara 1 akan mendapatkan kesempatan mengikuti coaching, pameran nasional dan studi banding,"kata Shafa.(***)

  • Bagikan