Mengintip Kenyamanan Masjid Nurul Afiat RSUD Bulukumba

  • Bagikan

KEBERADAAN tempat ibadah di dalam rumah sakit sangatlah penting, khususnya bagi umat muslim yang diwajibkan melaksanakan salah lima waktu dalam sehari. Karena itu, manajemen RSUD HA Sulthan Dg Radja menyiapkan tempat ibadah atau masjid bagi umat Islam di dalam areal rumah sakit.

Masjid yang diberi nama Nurul Afiat ini setiap waktu ramai jamaah. Tidak hanya dari pegawai , tapi juga pengunjung rumah sakit. Kenyamanan jemaah pun menjadi perhatian pihak pengelola masjid.

Tak tanggung-tanggung, pengelola menyiapkan peralatan ibadah hingga fasilitas lainnya. Di antaranya mukena bagi perempuan, sajadah, karpet panjang, AC 6 buah, dan empat buah alat bantu (kursi khusus) bagi pengunjung yang tidak mampu berdiri lama.

Selain itu, yang paling penting adalah tempat wudhu yang terpisah antara untuk laki-laki dan perempuan. Khusus tempat wudhu perempuan dibuat tertutup untuk lebih menjamin privasi jemaah perempuan.

Salah seorang pengunjung masjid, Mutmainna mengaku nyaman beribadah di masjid rumah sakit ini. Bahkan masjid tersebut dijadikannya untuk beristirahat sejenak karena suasana di dalam masjid yang sejuk.

"Bagus ini masjid, biasa kalau selesai salat saya baring sejenak disini karena dingin,"ujarnya.

Mutmainna sendiri mengaku sudah dua hari di rumah sakit untuk menjaga ayahnya yang tengah menjalani perawatan.

Sementara itu, Pengelola Masjid Nurul Afiat, Masksum Tantu menghimbau kepada para jamaah agar senantiasa menjaga kebersihan dan tidak merusak fasilitas yang ada dalam masjid.

"Kalau bisa jamaah yang datang kalau habis pake mukena di gantung lagi di dalam lemari, jangan disimpan diatas karpet, supaya bagus tertata rapi,"ujarnya.

Selain fasilitas ibadah, lanjut Maksum, pengurus juga melaksanakan berbagai program ibadah lainnya. Seperti tadarrus Al-Qur'an, Surat Yasin setiap malam Jumat pertama dan ketiga dan  Jumat Berbagi dengan menyiapkan makanan dan minum bagi jemaah usai melaksanakan Salat Jumat.

"Program ini sudah berjalan empat tahun dan sumber donasinya berasal dari pasien, keluarga pasien, dan karyawan RS,"tutup Humas RSUD HA Sulthan Dg Radja ini.(**)

Penulis: SumarniEditor: Suparman
  • Bagikan