Pemkab Gowa Anggarkan Rp 30 Miliar Dana Pilkada

  • Bagikan

GOWA, RADARSELATAN -- Pemerintah Kabupaten Gowa menganggarkan Rp 30 Miliar untuk dana Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gowa 2024. 

"Sesuai dengan surat edaran dari Mendagri bahwa 40 persen biaya Pilkada harus dianggarkan di tahun 2023. Di Kabupaten Gowa kami anggaran sebesar Rp 30 miliar melalui APBD pokok 2023 dan 60 persennya di tahun 2024," kata Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan. 

Hal tersebut disampaikan Adnan Purichta Ichsan saat menerima kunjungan silaturahmi Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin bersama jajaran di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Jumat, 15 September 2023. 

Lanjut Adnan, salah satu program  prioritasnya yakni mensukseskan penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada serentak 2024. 

Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Gowa telah menganggarkan 40 persen dana Pilkada kepada KPU dan Bawaslu selaku penyelenggara Pilkada. Anggaran khusus ini tentunya sebagai tanda kesiapan Kabupaten Gowa dan dalam proses Pemilu mendatang. 

Adnan mengaku, saat pemilihan langsung 2020 lalu, Kabupaten Gowa mampu keluar dari zona merah menjadi zona hijau. 

Sehingga di 2024 mendatang dirinya optimis, Kabupaten Gowa mampu menciptakan kondisi yang aman dan lancar dalam pelaksanaan Pemilu maupun Pilkada tersebut. 

"Alhamdulillah di 2020 kemarin pertama kalinya Kabupaten Gowa menjadi zona hijau yaitu daerah paling aman melaksanakan Pilkada dan berhasil mencatatkan rekor dengan masuk tiga besar nasional partisipasi tertinggi di Indonesia yaitu capaian 79,77 persen dari target nasional 77 persen," jelasnya. 

Dia berharap, pelaksanaan Pilkada nanti akan berjalan dengan lancar dan prestasi-prestasi lainnya bisa kembali diraih oleh Kabupaten Gowa. 

"Ini akan menjadi tantangan bagi pemerintah, KPU dan Bawaslu selaku penyelenggara sehingga Insya Allah pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Gowa berjalan dengan baik, aman dan lancar," jelasnya. (hen/has/***)

Penulis: HendraEditor: Haswandi ashari
  • Bagikan