Sipp Desa Percepat Proses Penyusunan APBDes dan Akuntabilitas Perencanaan Pembangunan Desa

  • Bagikan

SELAYAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID – Kepala bidang Bina Pemerintahan Desa Dinas PMD Kabupaten Kepulauan Selayar Abdul Wahidin, SE telah melakukan  aksi perubahan setelah mengikuti pelatihan kepemimpinan administrator (PKA), di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sulawesi Selatan.

Proyek aksi perubahan ini dinamai dengan Sistem informasi Perencanaan Pembangunan Desa (SIPP Desa), yang dilaunching oleh Bupati Kepulauan Selayar H. Muh. Basli Ali, di Sekretariat PKK Kepulauan Selayar, Selasa (19/9/2023), bersamaan dengan tiga aksi perubahan lainnya dari peserta OPD Lingkup Pemerintah kabupaten Kepulauan Selayar

Dikonfirmasi awak media, Abdul Wahidin mengemukakan, Sipp Desa adalah sebuah aplikasi berbasis web yang akan menghasilkan RKPDes atau rencana kerja pembangunan desa digital.

“Ini dapat diakses oleh semua stakeholder,” ucap Abdul Wahidin

Dalam keterangannya, Sipp Desa sudah diaplikasikan oleh dua desa, yaitu Desa Bontosunggu Kecamatan Bontoharu, dan desa Bontolempangan Kecamatan Buki. “Kedepan Sipp Desa akan diintegrasikan dengan dua website desa pada kedua desa tersebut,” terangnya.

Menurutnya, Sipp Desa akan mempercepat proses penyusunan APBDes, serta menciptakan akuntabilitas perencanaan pembangunan desa.

“Hal ini kata dia akan mengakomodir rekomendasi Indeks Desa Membangun (IDM) dan SDG’s desa sebagai upaya mendukung Gerakan membangun desa mandiri (Gerbang sari),” tutup Abdul Wahidin. (Im)

  • Bagikan