SDN 181 Tanah Kongkong Tanamkan Kecintaan Kearifan Lokal

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- SDN 181 Tanah Kongkong, Kabupaten Bulukumba,  mengoptimalkan  penerapan Kurikulum Merdeka. Salah satunya dalam mengimplementasikan program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai aksi nyata, implementasi tersebut digelar setiap hari.

Kepala SDN 181 Tanah Kongkong, Aswati menjelaskan, P5 merupakan salah satu penentu keberhasilan sekolah dalam menerapkan Kurikulum Merdeka. Di SDN 181 Tanah Kongkong sendiri, mengusung tema Kearifan Lokal dengan sub tema Permainan Tradisional.

"Seiring zaman yang terus berkembang, kini kebudayaan lokal seperti permainan tradisional mulai ditinggalkan oleh generasi muda. Melalui implementasi P5 ini, kami ingin menanamkan kembali nilai-nilai kearifan lokal kepada siswa dengan aksi nyata melalui permainan rakyat atau tradisional,"ujarnya, Selasa 26 September 2023.

Aswati menjelaskan untuk metode pembelajarannya dilakukan pada  pagi hari setelah anak didik membersihkan. Ini juga bertujuan untuk melatih motorik anak dan untuk memperkuat kembali permainan tradisional yang sudah tergeser oleh zaman atau android.

"Kami berharap dengan implementasi ini permainan tradisional ini nantinya akan membumi kembali di Bulukumba anak didik lebih mencintai budayanya sendiri menggali potensi budaya kearifan lokal sehingga dapat mengurangi penggunaan handphone dan bermain game yang bisa merusak mata dan psikis anak,"harapnya. (Sum/man/**)

Penulis: SumarniEditor: Suparman
  • Bagikan