SMKN 1 Bulukumba Miliki Toko Modern

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- SMK Negeri 1 Kabupaten Bulukumba kini miliki toko modern di lingkungan sekolah. Toko  yang diberi nama Mekar Mart ini mulai beroperasi, Senin 9 Oktober 2023 dan terbuka untuk umum.

Kepala SMKN 1 Kabupaten Bulukumba, Andi Hamran mengatakan, toko modern ini merupakan salah satu bukti dalam pengimplementasian teaching factory guna melahirkan terobosan baru. Sekaligus menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten serta mampu berdaya saing.

"Di Mekar Mart ini kami menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari, seperti alat tulis kantor, pakaian seragam sekolah, dan sembako kebutuhan sehari-hari. Selain itu kami juga menerima orderan kalau misal ada yang mau pesan seragam bisa kami buatkan," ungkapnya, Rabu 11 Oktober 2023.

 Hamran menjelaskan, SMK adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah. Sebagai sekolah lanjutan yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja di bidang tertentu. 

SMK juga merupakan pendidikan menengah kejuruan yang menciptakan generasi penerus bangsa berjiwa kewirausahaan agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan.

"Yang kami libatkan peserta didik dari Jurusan Pemasaran dan Merketing, Teknik Mesin dan Menjahit serta Tata Busana. Di program ini kami juga menjalin kerja sama dengan sejumlah perusahaan industri sebagai penyedia produk," jelasnya.

Hamran menjelaskan, program ini juga merupakan wahana pembelajaran bagi peserta didik melalui pendekatan pembelajaran berbasis projek. Tujuannya untuk mengaktualisasikan dan mengekspresikan kompetensi yang dikuasai pada kegiatan pembuatan produk atau pekerjaan layanan jasa secara kreatif dan bernilai ekonomis.

Ini dimaksudkan sebagai pembelajaran bagi peserta didik untuk menumbuhkembangkan jiwa wirausaha (entrepreneur) dengan memanfaatkan potensi yang ada di lingkungan internal dan eksternal SMK. Serta mengaktualisasikan kompetensi-kompetensi konsentrasi keahlian yang dipelajarinya dengan menghasilkan produk (barang dan/atau layanan jasa) yang sesuai, inovatif, memiliki nilai ekonomis dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. (**)

Penulis: SumarniEditor: Suparman
  • Bagikan