SMPN 2 Bulukumba Luncurkan Inovasi Sekolah Terpuji dan Bersinar

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- SMP Negeri 2 Kabupaten Bulukumba kembali meluncurkan program inovasi yakni "Sekolah Terpuji dan Bersinar" (Sekolah Terintegrasi Peduli Kesehatan Jiwa dan Bersih Narkoba). Acara tersebut dirangkaikan penandatanganan MoU dengan Dinas Kesehatan (Diskes) Bulukumba, Selasa 10 Oktober 2023.

Kepala SMPN 1 Bulukumba, Sahiruddin mengatakan, pelaksanaan inovasi ini peserta didik diarahkan untuk menemukenali bakat, minat dan potensi yang dimiliki.

"Ini bertujuan agar peserta didik dapat bahagia secara psikologis dan terjaga kesehatan psikis atau mentalnya sebagai anak dengan masa peralihan anak-anak menjadi remaja yang membutuhkan wadah untuk eksplor bakat dan mengaktualisasikan dirinya," ujarnya.

Terpisah, Wakasek Kurikulum SMPN 2 Bulukumba, Ulfia menambahkan inovasi ini merupakan inovasi lanjutan dari inovasi Terkesima (Teraktualisasinya Kelompok Seni dan Drama).

"Adanya inovasi ini diharapkan semoga tidak ada lagi tiga dosa besar di dunia pendidikan khususnya di SMPN 2 Bulukumba yakni kekerasan seksual, intoleransi dan bullying (perundungan) yang akhir-akhir ini marak terjadi yang bisa berakibat kepada kesehatan mental dan psikologis peserta didik," tuturnya.

Ulfia juga menjelaskan sebagai program awal dari kegiatan tersebut, Selasa 10 Oktober 2023, juga diadakan screening kesehatan jiwa peserta didik. Ada beberapa sampel yang anggap membutuhkan penanganan dan pendampingan khususnya terkait kesehatan mental.

"Itulah yang kemarin di screening sebagai upaya peningkatan, pencegahan, tatalaksana dan pemulihan. Kami berharap kedepan semoga ada pengembangan dan kerjasama dengan pihak lain seperti Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak sehingga program bisa berjalan optimal," tutupnya.(**)

Penulis: SumarniEditor: Suparman
  • Bagikan