Pj Bupati Bantaeng Sidak di Pasar Sentral, Yakin Inflasi Masih Terkendali

  • Bagikan
Pj Bupati Bantaeng, Andi Abu Bakar saat sidak di pasar sentral.




BANTAENG, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Penjabat Bupati Bantaeng, DR Andi Abu Bakar melakukna kunjungan ke pasar sentral Bantaeng, Kamis, 12 Oktober 2023. Kunjungan ini dilakukan untuk memastikan kondisi harga kebutuhan pokok di Bantaeng masih stabil. 

DR Andi Abu Bakar melakukan kunjungan didampingi para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dia mendatangi beberapa pedagang untuk membandingkan harga kebutuhan pokok terutama beras. 

"Harganya (kebutuhan pokok) relatif stabil. Kita juga pastikan stok pangan kita masih cukup," kata dia, 12 Oktober 2023.

Dia menambahkan, hampir dipastikan stok pangan di Kabupaten Bantaeng masih mencukupi. Dia menyebut, daerah ini hampir tidak terjadi inflasi. 

Pj Bantaeng Andi Abu Bakar, juga mengaku telah melakukan koordinasi dengan Bulog Kabupaten Bantaeng. Koordinasi ini dilakukan untuk memastikan stok pangan untuk Kabupaten Bantaeng masih aman. 

"Kita punya stok bersar sekarang ini, cukup sampai Desember. Stoknya, ada sampai 380 ton. Januari nanti, kita juga mendapat pasokan beras tambahan lagi," jelasnya. 

Meski demikian, pihaknya tetap akan melakukan operasi pasar murah dalam waktu dekat ini. Operasi pasar murah ini dilakukan untuk tujuan mempermudah akses masyarakat terkait dengan kebutuhan pangan. 

Kepala Dinas Koperasi, Perdagangan dan UMKM Kabupaten Bantaeng, Muhammad Tasfir mengatakan, operasi pasar ini dilakukan untuk memastikan kebutuhan-kebutuhan pokok masyarakat Bantaeng tetap terpenuhi. Dia mengatakan, saat ini, kebutuhan pokok untuk daerah ini masih mencukupi. 

Dia menambahkan, inflasi terkait dengan kebutuhan pokok di Bantaeng masih relatif stabil. Dia menyebut, di beberapa pedagang memang terjadi beberapa perbedaan harga tetapi bukan karena berkurangnya stok pangan. "Ini harganya yang lebih fluktuatif. Kondisi di Bantaeng ini, masih relatif lebih stabil," katanya. 



Selain memantau harga kebutuhan pokok, Pj Bupati Bantaeng, Andi Abu Bakar juga bertemu dengan banyak pedagang. Beberapa pedagangan, sempat mengeluhkan proses revitalisasi pasar. 


"Kalau bisa Pak, material ini diangkut. Supaya kita pedagang bisa tetap berjualan. Atau kalau bisa dikerjakan malam hari, supaya tidak mengganggu aktifitas kami berjualan," kata seorang pedagang, kepada Pj Bupati Andi Abu Bakar

Pj Bupati Bantaeng, Andi Abu Bakar langsung meminta kepada dinas terkait agar rekanan bisa membersihkan material itu secepat mungkin. "Secepatnya material ini diangkut. Kasian pedagang kalau tidak beraktivitas," katanya. 

Ada pula pedagang yang meminta dibangunkan kanopi. Dia berharap, jika kanopi sudah terbangun pedagang tidak perlu lagi menggunakan terpal agar lapaknya tidak terkena terik matahari. 

"Semoga tahun depan bisa dianggarkan untuk kanopinya," kata Andi Abu Bakar.(***)

Penulis: Ahmad ZhuhriEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan