Siswa Tunagrahita Baca Al-Aqur’an di Acara Maulid Nabi

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Kabupaten Bulukumba merayakan Maulid Nabi, Rabu 11 Oktober 2023. Acara tersebut melibatkan guru-guru dan siswa-siswa dengan beragam disabilitas, seperti tunanetra, tunarungu, tunagrhita, tunadaksa, dan autisme. 

Acara yang mengangkat tema "Meneladani Akhlak Nabi Muhammad SAW untuk Membangun Karakter Generasi Muda yang Islami", mengahdirkan Ustaz Andi Ningrat Mahawardana sebagai penceramah. Dalam pceramahnya, Ustaz Andi Ningrat  mengatakan peringatan Maulid Nabi  bertujuan untuk memberikan inspirasi kepada siswa dengan kebutuhan khusus agar bisa tumbuh dan berkembang menjadi individu yang mandiri dalam tengah masyarakat.

"Salah satu yang membuat saya kagum yakni penampilan hapalan surah pendek yang dilantunkan oleh Madinah yang salah seorang anak tunagrahita dan Syamsuddin yang mengalami hambatan tunadaksa. Mereka ini adalah asbab yang akan menuntun guru masuk kesurganya Allah SWT," ujarnya.

Sementara itu, Kepala UPT SLBN 1 Bulukumba, Andi Muh. Rusli, mengatakan, anak-anak disabilitas memang berbeda, tapi mereka memiliki keistimewaan. Tanpa terkecuali, mereka memiliki potensi yang luar biasa. 

"SLB adalah wadah membina anak-anak yang berkebutuhan khusus tanpa bullyan atau diskriminasi, sekolah aman dan nyaman belajar untuk mereka," tuturnya.

Ketua Panitia, Abdul Rahim, mengatakan momentum ini menguatkan semangat kebersamaan warga SLB. Hal ini menjadi pilar utama dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif dan mendukung perkembangan setiap siswa.

"Ini bukan hanya sekadar perayaan seremonial, tetapi juga sebagai wadah untuk mendukung perkembangan karakter siswa-siswa disabilitas meraih potensi terbaik dalam kehidupan mereka. Semoga semangat kebersamaan dan cinta akan sesama manusia terus berkembang di sekolah ini, menginspirasi masyarakat luas untuk mendukung inklusi dan keberagaman dalam pendidikan," tutupnya.(*)

Penulis: SumarniEditor: Suparman
  • Bagikan