BPS Sinjai Lakukan Pembinaan Desa Cinta Statistik

  • Bagikan

SINJAI, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Badan Pusat Statistik (BPS) Sinjai bekerjsama Pemerintah Desa Lamatti Riaja menggelar Pertemuan Dalam Rangka Penyusunan Laporan Akhir Program Pembinaan Desa Cinta Statistik, Rabu, 1 November 2023 di Aula Kantor Desa Lamatti Riaja, Kecamatan Bulupoddo.

Kepala Desa Lamatti Riaja, Andi Mappaware dalam laporannya menyampaikan terimakasih kepada Kepala BPS Sinjai karena telah menunjuk Desa Lamatti Riaja sebagai desa binaan Desa Cinta Statistik yang disingkat dengan CANTIK, sehingga ke depannya Desa Lamatti Riaja bisa menjadi tempat sebagai studi tiru dalam hal proses pengumpulan data statistik.

Dalam proses pendataan ini semua kepala dusun terlibat, semua data terkait desa sudah diimput masuk dalam penyimpanan data melalui aplikasi Sipada Macca.

Kepala BPS Sinjai, Arif Miftahuddin menjelaskan program desa cantik yang dirancang oleh BPS secara umum bertujuan untuk meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa/kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik.

Standarisasi pengelolaan data statistik untuk menjaga kualitas dan keterbandingan indikator statistik. Optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik sehingga program pembangunan di desa tepat sasaran. Membentuk agen-agen statistik pada level desa/kelurahan.

“Jadi kegiatan in dilaksanakan dalam rangka membina dan mengevaluasi agar Data di Desa/kelurahan terstandarisasi, sehingga kedepannya tinggal menginput data-data dari data statistik sektoral yang ada di desa," jelasnya.

Sementara itu Camat Bulupoddo Asrullah dalam sambutannya mengatakan bahwa pihaknya harus maksimalkan tugas dan tanggung jawab ini, dengan melakukan pendataan secara profesional, karena data yang dihasilkan bisa menjadi produk untuk pembangunan desa.

Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Mansyur dalam sambutannya menyampaikan bahwa Dinas Kominfo dan Persandian selaku Walidata Statistik Sektoral menyambut baik terbentuknya Desa Cinta Statistik ini, karena tentu membantu pemerintah daerah dalam mendapatkan data-data yang dibutuhkan dari desa.

“Saya berharap agar pendataan ini berlanjut, dan bisa mengabdate data-datanya yang terbaru melalui aplikasi website desa, sehingga memudahkan kita melihat data-data yang ada pada desa tersebut,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Badan Pusat Statistik bersama Pemerintah Desa Lamatti Riaja melaunching Aplikasi SIPADA MACCA.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Mansyur, Camat Bulupoddo, Kepala Bidang Pemerintahan Desa Aniwati Amir, perwakilan dari Bagian Pemerintahan Imran, Tim pembina desa Statistik, Ketua BPD Lamatti Riaja, Kepala Dusun, Ketua RT/RW, tokoh masyarakat, Babinsa dan Babinkantibmas lingkup Pemerintahan Lamatti Riaja. (mul/has/C)

  • Bagikan