Ratusan Juta Donasi Terkumpul untuk Palestina

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Donasi masyarakat Bulukumba untuk Palestina sudah terkumpul di Baznas Bulukumba sebesar Rp.131.239.000, berdasarkan update per 12 November 2023.

Yusuf Shandy salah satu pimpinan Baznas Bulukumba mengungkapkan bahwa donasi yang terkumpul tersebut merupakan khusus donasi tahap kedua.

"Penyaluran pertama telah kami lakukan pekan lalu sebanyak 30 juta rupiah, bersama dengan beberapa BAZNAS kabupaten/kota di Sulsel, melalui BASNAS RI di Jakarta, sesuai himbauan pemerintah pusat," ungkap Yusuf Shandy.

Yusuf menyampaikan bahwa bantuan tahap pertama dari dari BAZNAS se Indonesia telah dilepas oleh Presiden Joko Widodo.

"Ratusan ton bantuan telah dikirim dengan menggunakan pesawat TNI Republik Indonesia. Penyaluran berikutnya insya Allah pekan depan," katanya.

Untuk pengumpulan donasi tahap dua di Kabupaten Bulukumba dibuka sampai tanggal 17 November 2023.

"Lembaga-lembaga, masjid-masjid maupun konunitas-komunitas yang ingin donasi untuk Palestina, bisa dibawa langsung ke Kantor BAZNAS Bulukumba, bisa juga melalui transfer ke rekening Donasi Bulukumba Peduli Palestina, di Bank BSI 2157.111.118 atas nama BAZNAS Bulukumba," ungkap Yusuf Shandy.

Dukungan terhadap Palestina di Kabupaten Bulukumba turut dilakukan oleh kalangan masyarakat sipil, salah satunya petani semangka di Desa Bontosunggu, Kecamatan Gantarang.

Sebagian hasil panen semangka oleh warga Bontosunggu dan sekitarnya akan dikumpulkan dan dijual, dengan hasil penjualannya didonasikan melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bulukumba.

Gerakan ini diinisiasi oleh komunitas Kebun Bersama, sebuah kelompok pemuda yang berada di Desa Bontosunggu.

Koordinator aksi, Rais, menjelaskan bahwa gerakan donasi semangka ini juga merupakan bentuk syukuran atas hasil panen semangka warga Bontosunggu dan sekitarnya.

"Setiap warga atau petani yang panen akan menyumbangkan semangkanya, dan kemudian semuanya akan dikumpulkan oleh Kebun Bersama. Semangka yang terkumpul akan kita jual, dan seluruh hasil penjualannya akan kami donasikan untuk warga Palestina," ujar Rais, Minggu, 12 November 2023.

Rais menambahkan bahwa inisiatif ini mencerminkan semangat gotong-royong dan kepedulian terhadap kondisi sulit yang dihadapi oleh warga Palestina akibat konflik perang.

Dengan melibatkan masyarakat setempat, gerakan donasi semangka ini diharapkan dapat memberikan bantuan nyata bagi mereka yang di Palestina. (ewa/has/B)

  • Bagikan