ABM SMKN 9 Bulukumba Sukses Terlaksana

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- SMKN 9 Bulukumba, sukses menggelar Asesmen Bakat dan Minat (ABM). Kegiatab yang diikuti siswa kelas XII, itu berlangsung Rabu 22 November 2023.

Panitia, Satriani mengatakan kegiatan ini merupakan tes untuk mengukur kemampuan atau potensi umum seseorang pada bidang-bidang khusus. Begitubpun minat seseorang berdasarkan ketertarikannya pada suatu jenis kegiatan atau pekerjaan tertentu. 

"ABM inj bertujuan untuk memprediksi kemampuan seseorang dalam menguasai hal baru pada pekerjaan ataupun program pendidikan selanjutnya. Hal ini diharapkan menjadi gambaran arah pengembangan diri secara lebih jelas dan terencana," terangnya.

Tak hanya itu, lanjut Satriani, ABM juga menjadi dasar pengembangan karir siswa. Cara ini akan lebih efektif karena potensi-potensi yang ada pada siswa telah diketahui. 

Hal ini nantinya juga akan memudahkan untuk menyalurkan siswa ke industri-industri sesuai dengan bakat minat siswa. Aspek minat itu sendiri, berupa aspek verbal kuantitatif, aspek analogi dan daya nalar siswa.

"Kami harap ujian ini siswa bisa mengenali potensi dan bakat mereka agar tidak salah mengambil jurusan nantinya," tutupnya.(**)

Penulis: SumEditor: Suparman
  • Bagikan