Kolaborasi Anggota TNI-Polri Respons Kemanusiaan

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), peran Bhabinkamtibmas dan Babinsa tak hanya sebatas itu. Mereka juga terlibat dalam respons kemanusiaan, seperti yang ditunjukkan oleh Bripka Nuraeni, seorang Polwan di Polsek Bulukumpa Polres Bulukumba Polda Sulsel, bersama Babinsa Sertu Arifuddin.

Pada Selasa, 21 November 2023, keduanya memberikan bantuan kemanusiaan kepada Hawani, seorang ibu rumah tangga yang telah sakit selama lebih dari satu minggu, mengalami kelumpuhan dan kesulitan untuk berobat.

Bripka Nuraeni, setelah mendapat informasi mengenai kondisi Hawani, bersama Babinsa segera turun tangan. Mereka mengunjungi rumah Hawani, mengecek langsung kondisinya, dan menyadari bahwa perlu tindakan cepat.

"Saya bersama Pak Babinsa langsung turun mendatangi rumah ibu Hawani, menanyakan kondisinya. Ternyata sudah seminggu sakit tidak bisa bergerak dan kesulitan untuk berobat ke Puskesmas," ungkap Bripka Nuraeni.

Dengan koordinasi bersama Puskesmas Tanete dan pihak terkait, Bripka Nuraeni memastikan evakuasi segera dilakukan. Bersama Babinsa dan perawat puskesmas, mereka menggotong Hawani ke mobil ambulans untuk membawanya ke Puskesmas.

"Ibu Hawani harus digotong karena rumahnya berada di belakang pemukiman warga dan akses menuju rumahnya hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki, sehingga kami gotong menuju mobil ambulans," jelas Bripka Nuraeni.

Aksi ini tidak hanya mencerminkan tugas, tetapi juga tanggung jawab mereka sebagai Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang selalu hadir di tengah masyarakat, membantu warga dalam situasi sulit.

"Dengan kerukunan, kami ingin mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman, nyaman, dan kondusif," tambahnya.

"Ibu Hawani akhirnya bisa terbantu, semoga bisa segera sembuh dan kembali beraktivitas. Ini adalah contoh konkret betapa kepedulian di antara kita bisa menciptakan harmoni di masyarakat," harap Bripka Nuraeni. (ewa/has/B)

  • Bagikan