MKKS SMK Bulukumba dan Sinjai Studi Tiru di Bandung

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kabupaten Bulukumba dan Sinjai melaksanakan studi tiru di Jawa Barat. Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari, sejak  Rabu 22 hingga 24 November 2023.

Ketua MKKS SMK Kabupaten Bulukumba, Andi Hamran mengungkapkan, salah satu sekolah kunjungan yakni SMKN 2 Bandung dan SMKN  7 Bandung. Kedua sekolah tersebut merupakan sekolah industri dan unggulan di Jawa Barat.

"Sekolah ini adalah sekolah terbaik jurusan otomotif khususnya SMKN 7 Bandung se naisonal di Jawa Barat. Sementara SMKN 2  Bandung memiliki Jurusan Tata Busana dengan jumlah siswa kurang lebih 2000 orang," ungkapnya, Kamis, 23 November 2023.

Hamran menjelaskan, studi tiru merupakan konsep belajar yang lebih kompeten. Biasanya dilakukan sekolah agar dapat membawa banyak manfaat untuk kedepannya.

Misalnya, lanjut dia, meningkatkan sinergi dan membangun kerja sama yang lebih baik sesama lembaga pelaksana studi tiru. Caranya sebuah sekolah atau lembaga pendidikan mengamati dan mempelajari praktik-praktik yang berhasil dari sekolah tujuan.

"Tujuan singkat ini dalam rangka studi tiru pembelajaran, agar lebih mengenal profesi antar satuan pendidikan, serta penafsiran beberapa program unggulan kerja antar MKKS," bebernya.

Hamran juga menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat penuh keakraban kedua sekolah tersebut. Ia berharap MKKS Bandung dapat meluangkan waktu untuk berkunjung balik ke Kabupaten Bulukumba, sekaligus memonitoring sekolah di  atas program-program hasil studi tiru, yang nantinya  akan diterapkan. 

"Mudah-mudahaan teman-teman kepala sekolah setelah melihat langsung, bisa terinspirasi untuk mengembangkan di sekolah kita masing-masing sehingga bisa menghasilkan alumni siap kerja sesuiai kempetensinya," tutupnya.(***)

Penulis: SumEditor: Suparman
  • Bagikan