Sekda Dampingi Tim Akreditasi di Puskesmas Aska

  • Bagikan

SINJAI, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai, Andi Jefriyanto Asapa berharap agar akreditasi Puskesmas Aska dapat berubah dari status Madya menjadi status Paripurna tanpa melalui tahapan utama.

Harapan ini disampaikan Sekda Sinjai saat mendampingi Tim Surveyor Akreditasi di Puskesmas Aska, Kecamatan Sinjai Selatan, Senin, 27 November 2023.

“Untuk sekarang ini masyarakat sendiri belum terlalu paham apa itu akreditasi dalam pelayanan kesehatan. Oleh karena itu, Pemerintah mengimbau nantinya status dan syarat akreditasi bisa disebarluaskan agar masyarakat setempat juga mengerti akan hak-hak pasien ataupun ketersediaan fasilitas kepada masyarakat yang harus dipenuhi dalam menuju status pelayanan yang paripurna," ungkap Sekda.

Andi Jefrianto menambahkan bahwa Pemerintah akan kembali melakukan pemantauan terhadap 16 Puskesmas di Kabupaten Sinjai setelah proses penilaian akreditasi ini.

“Jadi pemantauan ini untuk melihat kesesuaian antara status akreditasi dan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat,” katanya.

Terakhir, ia menegaskan bahwa Pemkab Sinjai terus berupaya menyiapkan dan mendorong 16 Puskesmas yang ada dalam memberikan pelayanan yang berkualitas menuju pelayanan kesehatan yang hebat.

Sebelumnya, tim Surveyor dari Kementerian Kesehata RI ini juga telah melakukan penilaian akreditasi di Puskemas Manipi, Kecamatan Sinjai Barat. (mul/has/B)

  • Bagikan