Pejabat SDI Bappenas Bimbing Admin Portal Satu Data Bulukumba

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pejabat dari Sekretariat Satu Data Indonesia (SDI) Bappenas RI menghadiri Sosialisasi dan Launching Portal Satu Data Bulukumba, Selasa 28 November 2023 di Ruang Pola Kantor Bupati Bulukumba.

Pejabat dari Sekretariat SDI Pusat yakni Tenaga Ahli Operation and Technical Support I, Gatot Vayana Zaid, Tenaga Ahli Junior Tata Kelola Data Tematik/Manajemen Data, Anika dan Tenaga Ahli Operation and Technical Support II, Muhammad Fajar Sidiq.

Ketiganya datang ke Bulukumba melakukan pembimbingan langsung kepada seluruh Admin Satu Data yang merupakan utusan Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemkab Bulukumba.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Bulukumba ini berlangsung dua hari tanggal 28-29 November.

Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Andi Asrar Amir mewakili Bupati Bulukumba menyampaikan pentingnya penyelenggaraan Satu Data dalam rangka mendorong penyelenggaraan pemerintahan daerah yang berbasis digital, sehingga lebih efektif, efisien, dan terintegrasi atau terpadu sebagai pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 Tentang Satu Data Indonesia.

Regulasi ini sebagai dasar dalam melaksanakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang lebih akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan serta mudah diakses oleh semua pihak. Dikatakan portal Satu Data Bulukumba adalah Portal Satu Data pertama di Sulawesi Selatan yang terintegrasi dengan Portal Satu Data Indonesia di Pusat.

Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Daud Kahal menjelaskan jika pihaknya mendapatkan fasilitas instalasi Portal Satu Data dari Sekretariat Satu Data Indonesia, serta Fasilitas Claud dari Pusat Data Nasional (PDN).

Pada kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan penandatanganan Komitmen Bersama seluruh OPD untuk pelaksanaan Program Satu Data secara berkelanjutan.(*)

  • Bagikan