Wujudkan Lingkungan Bersih dan Sehat, Kodim 1425 Jeneponto Bersihkan Selokan Pasar Karisa

  • Bagikan

JENEPONTO, RADARSELATAN - Kodim 1425 Kabupaten Jeneponto bersama Korem 141 Toddopuli dan Kodam XIV Hasanuddin mengggelar kegiatan karya bakti pembersihan saluran air. 

Bakti sosial tersebut dilakukan semata-mata demi membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan lingkungan yang bersih, sehat serta mengantisipasi terjadinya banjir dan penyebaran penyakit.

Karya bakti ini melibatkan ratusan personel gabungan TNI, Polri, dan instansi terkait serta komponen masyarakat, yang di laksanakan di Pasar Sentral Karisa, Jalan Pahlawan, Kelurahan Empoang, Kecamatan Binamu, Jumat, (8/12/2023).

Aksi ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Kodim se-Indonesia atas petunjuk dan arahan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak dengan mengusung tema "Menuju Indonesia Bersih Sehat dan Hijau". 

"Dengan kegiatan meliputi pembersihan pasar, pembersihan saluran air dan penanaman pohon," ungkap Dandim 1425 Jeneponto, Letkol Inf Muhammad Amin.

Dandim mengatakan pembersihan saluran air ini diutamakan pada wilayah yang sering banjir saat musim penghujan tiba salah satunya di lokasi Pasar Sentral Karisa.

"Kegiatan seperti ini adalah hal yang positif karena selain mencegah terjadinya bencana banjir, kegiatan ini juga bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat serta mencegah penyebaran berbagai macam penyakit seperti demam berdarah, dan juga meningkatkan kesadaran warga untuk selau peduli terhadap lingkungan sekitar serta tidak membuang sampah sembarangan," ungkapnya. 

Ditempat yang sama, Sekda Jeneponto Muh. Arifin Nur mengungkapkan apresiasi kepada TNI, yang telah menggelar kegiatan ini. 

"Perlu saya sampaikan bahwa pembersihan saluran air ini bukan hanya upaya fisik semata, tetapi juga mencerminkan komitmen bersama Pemda, TNI dan Polri untuk menjaga keamanan dan kesejahteraan masyarakat di wilayah Kabupaten Jeneponto ini. Semoga langkah ini dapat memberikan manfaat positif dan menjadi contoh sinergi yang inspiratif bagi daerah lain," tandasnya. (***)

Penulis: Andi Muh Akbar RazakEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan