Baznas Paparkan Peran dalam  Penanganan ATS 

  • Bagikan
Pimpinan Baznas Bulukumba saat menjadi narasumber gebyar penanganan ATS.

BULUKUMBA,RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bulukumba menjadi nara sumber dalam acara Gebyar Penanganan Anak Tidak Sekolah (ATS). Kegiatab yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan berlangsung di Hotel Dalton Makassar, Selasa 12 Desember. 

Dalam paparannya Pimpinan Baznas Bulukumba, Muhammad Yusuf Shandy menyebutkan, Baznas terlibat aktif dalam penanganan anak tidak sekolah (ATS) di Butta Panrita Lopi, Bulukumba. Seperti memberikan bantuan Sepeda Cerdas, Tas Cerdas, pakaian seragam, sepatu dan alat tulis kepada anak-anak usia sekolah dari keluarga tidak mampu. 

"Anak-anak tersebut kita fasilitasi pakaian seragam, alat tulis bahkan alat transportasi, agar mereka kembali ke sekolah. Bagi yang tinggal jauh berkilo-kilo meter dari sekolah, Baznas berikan kepada mereka Sepeda Cerdas," bebernya. 

Yusuf menambahkan, puluhan dari mereka juga dibantu biaya SPP agar bisa lanjut sekolah, tidak berhenti di tengah jalan. 

"Baznas ingin setiap anak usia sekolah di Bulukumba memiliki akses atas hak atas pendidikan," ujarnya. 

Yusuf mengungkapkan, Baznas Bulukumba setiap tahun mengalokasikan anggaran untuk peningkatan kualitas pendidikan di Bulukumba. Hal ini dilakukan sebagai upaya kontributif dalam meningkatkan IPM Bulukumba. 

"Nilai IPM kita masih di angka 70 persen, sementara IPM provinsi Sulsel dan nasional berada pada angka 72 persen. Jumlah ATS di Bulukumba 956 orang, dan yang berpotensi masuk kategori ATS sekitar 5.400-an orang," jelasnya.

Hal tersebut juga didasarkan pada amanat DUHAM 1948 dan UUD 1945. Dalam aturan dasar itu disebutkan dengan terang dan tegas bahwa negara atau pemerintah wajib menfasilitasi mereka menempuh pendidikan rendah atau pendidikan dasar secara gratis.

Keterlibatan Baznas Bulukumba  dalam percepatan penanganan ATS tak lepas dari supporting Bupati Bulukumba. Terkait dengan hal tersebut, Baznas dan Pemda Bulukumba telah menandatangani MoU tentang pelibatan Baznas dalam percepatan penanganan ATS. 

"Pada Oktober lalu, Bapak Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf telah melanuching Rekening Donasi Penanganan ATS yang dikelola oleh Baznas, disaksikan langsungboleh Unicef," terangnya. (**)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Suparman
  • Bagikan