Ciptakan Pelayanan Optimal RSUD H. Andi Sulthan Daeng Radja Gelar Pelatihan MFK

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Dalam rangka peningkatan pengetahuan tentang pengelolaan fasilitas rumah sakit, program keselamatan, dan peran pegawai dalam memastikan keamanan dan keselamatan fasilitas Kesehatan RSUD H.Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba adakan Pelatihan Manajemen Fasilitas dan Keselamatan (MFK), berlangsung di Aula Lantai III IGD, sejak Senin 11-14 Desember 2023.

Pelatihan tersebut diikuti 400 orang dari seluruh pejabat struktural, fungsional, tenaga kesehatan, dan pegawai non nakes dan menghadirkan dua pemateri yakni H.Safril, S.Kep. Ns, M.Kes, FISQUAL yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Penujang Non Medik RSUD Bulukumba dan Nur Arwan, SKM,.M.Kes sebagai Kepala Instalasi K3RS RSUD Bulukumba dengan materi yang diberikan yaitu terkait Keselamatan, Keamanan, Pengelolaan B3 dan Limbahnwya, Proteksi Kebakaran, Sistem Utilitas, Peralatan Medis, dan Penanganan Bencana.

H. Safri menyampaikan tujuan diadakan Pelatihan MFK ini selain untuk peningkatan pengetahuan seluruh pegawai tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja Rumah Sakit, pelatihan MFK ini bisa diaplikasikan saat terjadi musibah yang terjadi dilingkungan sekitar.

"Pelatihan ini penting dan bermanfaat bagi seluruh peserta. Karena bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari jika menemui kejadian bencana disekitar," katanya.

Sementara itu, Ketua K3RS berharap dengan adanya pelatihan ini dapat memberikan pembekalan dan pemahaman kepada peserta dengan harapan dapat mencegah atau membatasi jatuhnya korban manusia atau timbulnya bahaya terhadap kesehatan manusia, berikut tatanan sosialnya, serta kerusakan fisik dalam menciptakan lingkungan yang aman dalam masyarakat.

"Dengan pelatihan ini adalah langkah penting untuk menjaga lingkungan kesehatan yang ama, nyaman dan berkualitas. Dengan pemahaman tentang manajemen fasilitas, standar keselamatan, efesiensi sumber daya dan menejeme resiko peserta pelatihan akan memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pelayanan kesehatan yang optimal," pungkas Nur Arwan Kepala Instalasi K3RS RSUD Bulukumba. (***)

Penulis: SumEditor: Suparman
  • Bagikan