Ilham Azikin Raih Satyalencana Wira Karya dari Presiden RI

  • Bagikan
Ilham Azikin saat menerima penghargaan Satlyalencana Wira Karya daei Presiden RI. (mad)

BANTAENG, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Bupati Bantaeng periode 2018 - 2023, Ilham Syah Azikin menerima penghargaan Satyalancana Wira Karya yang diserahkan oleh Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, mewakili Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, pada Puncak Peringatan Hari Nusantara 2023 di Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara, Rabu 13 Desember 2023.

Ilham Azikin mendapatkan penghargaan sebagai Kepala Daerah yang  berkontribusi nyata  pada bidang pemerintahan dalam pengelolaan, pengembangan dan pembangunan kelautan.

Beliau dianggap berperan aktif dalam bidang pengelolaan kelautan budidaya rumput laut berbasis Service Insurance melalui inisiasi JALAN BIRU LAUT (Jaminan Layanan Pembudidaya Rumput Laut) yang menyediakan asuransi ketenagakerjaan, bibit rumput laut unggul, serta pendampingan kesehatan penyakit kulit bagi pembudidaya dan nelayan, sehingga dapat meningkatkan produktivitas pembudidaya dan kesejahteraan masyarakat pesisir.

Ilham Azikin yang didampingi oleh Sekretaris Dinas Perikanan dan Kelautan Bantaeng, Muh. Frapydiah Rioeh, serta Kadis Penanaman Modal dan PTSP, Yohanis PHR Romuti, menghaturkan apresiasi dan penghormatan setinggi-tingginya terkhusus kepada masyarakat nelayan Kabupaten Bantaeng. 

"Alhamdulillah kita menerima penganugerahan Satyalancana Wira Karya di Bidang Pemerintahan yang memberikan perhatian pada aktivitas kelautan dan perikanan. Khusus kita di Bantaeng ada program JALAN BIRU LAUT yang mendapatkan apresiasi dari Presiden Republik Indonesia," ungkapnya.

Dia juga menyampaikan terimakasih kepada keluarga besar Dinas Kelautan dan Perikanan Bantaeng dan Departemen Dermatologi dan Venereologi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin.

"Yang telah memberikan perhatian dan pelayanan pada bidang kesehatan. Terkhusus juga ucapan terima kasih kepada keluarga besar pembudidaya rumput laut," kata dia.

Terakhir, Ilham Azikin menjelaskan, bahwa dia menemukan ada kerentanan ibu-ibu pengikat bibit rumput laut terkena alergi. Bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Unhas, Ilham Azikin menemukan formula untuk mengatasi kerentanan tersebut. (***)

  • Bagikan