Pohon Tumbang di Ponre Hingga Truk Geruduk Warung Sebabkan Kemacetan Panjang

  • Bagikan
Truk pengangkut peti kemas yang menyenggol pohon, yang mengakibatkan pohon tumbang di jalan poros trans nasional sulawesi. (mad)

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pohon tumbang mengakibatkan kemacetan panjang di jalur trans nasional Sulawesi, di Ponre, Kelurahan Matekko, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba, Kamis pagi 14 Desember 2023.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bulukumba, Andi Akrim Amir, pohon tumbang diduga disebabkan senggolan mobil truk yang mengangkut peti kemas.

"Penyebabnya karena mobil peti kemas menyenggol pohon tersebut, karena posisi pohon tumbang itu di tikungan. Kemungkinan juga karena pohon itu sudah rapuh dan sudah hujan juga," ungkapnya kepada RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID.

Akibatnya, mobil tronton juga menabrak warung kelontong yang berada tidak jauh dari TKP pohong tumbang. Sebanyak 10 personel BPBD diterjunkan untuk membersihkan sisa pohon tumbang yang melintang di badan jalan tersebut.

Peristiwa ini juga sempat mengakibatkan pemadaman listrik sementara, karena
Pohon tumbang juga menimpa kabel listrik. Petugas PLN pun diterjunkan memperbaiki kerusakan pada kabel listrik.

Peristiwa ini juga sempat menyebabkan kemacetan di ruas trans Sulawesi selama satu jam. Petugas Satlantas Polres Bulukumba juga diterjunkan mengatur arus lalu lintas.

"Alhamdulillah sudah selasai. 10 personel BPBD Bulukumba yang ke lokasi, proses eksekusi pohon sekitar satu jam. Sudah dua pohon tunbang, tadi juga waktu dini hari," jelas Akrim.

"Kita mencermati sudah memasuki musim hujan, kita mengimbau masyarakat senantiasa mewaspadai perubahan cuaca, terutama pohon tumbang, sebisa mungkin tidak berteduh di bawah pohon saat hujan," imbanunya. (ahmad)

  • Bagikan