Pemdes Bira Gelar Pelatihan Peningkatan Kualitas dan Penguatan Ketahanan Pangan

  • Bagikan
Pelatihan peningkatan kualitas dan penguatan ketahanan pangan bibit nabati dan hewani.

BONTOBAHARI,RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Desa (Pemdes) Bira, Kecamatan Bontobahari, menggelar pelatihan peningkatan kualitas dan penguatan ketahanan pangan bibit nabati dan hewani. Kegiatan dihadiri Sekretaris Desa Bira, Masnadi serta perangkat dan staf, peternak kambing dan para penerima bantuan bibit.

Hadir sebagai pemateri  Kepala UPT Pembibitan Ternak, Ir. Suriya Darma, S.Pt,M.Si.,IPM. Pada kesempatan ini, ia  memaparkan teknik mengelola pakan kambing dengan baik dan benar kepada para peternak di Desa Bira. 

Pemateri lainnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bulukumba, A Uke Indah Permatasari, S.STP., M.Si. Andi Uke menjelaskan program ketahanan pangan merupakan program prioritas Kementrian Desa.

Program ini mewajibkan setiap desa  mengalokasikan Dana Desa maksimal 20 persen untuk program ketahanan pangan.  Dana ini bisa digunakan untuk pengadaan bibit nabati maupun hewani berdasarkan potensi dan kondisi yang ada di desa.

"Pogram ketahanan pangan ini bukan hanya mengenai pendataan, perencanaan, dan pelaksanaannya saja, melainkan perlu adanya pengawasan dan pendampingan sehingga ada kolaborasi didalamnya," jelasnya.

Lebih jauh Andi Uke juga menjelaskan,  program ketahanan pangan merupakan program pemberdayaan kepada masyarakat untuk bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Selain itu sebagai upaya pemerintah dalam persiapan menghadapi krisis pangan kedepannya agar kemiskinan dan kelaparan tidak merajalela.

"Program ini juga menjadi perhatian bapak bupati karena akan membantu masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan ekonominya," terangnya. (*)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Suparman
  • Bagikan