MIN 5 Bulukumba Raih Penghargaan Adiwiyata Mandiri

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID --  Enam madrasah di Kabupaten Bulukumba, berhasil meraih penghargaan Adiwiyata. Satu di antaranya menjadi Adiwiyata Mandiri, dan lima lainnya Adiwiyata Provinsi.

Adiwiyata Mandiri diraih MIN 5 Bulukumba, sementara Adiwiyata Provinsi diberikan kepada MIS YPPI, MIN 4 Bulukumba, MIS Padi, MIS Maroanging, dan MTs Guppi Bontonyeleng. Penghargaan diserahkan baru-baru ini di Hotel Maxone Makassar.

Selain dihadiri masing-masing kepala madrasah, acara juga dihadiri  Kasubag TU Kanwil Kemenag Sulsel, H Ali Yafid,  Kepala Kantor Kemenag Bulukumba, H Misbah, dan Tim Adiwiyata Kabupaten Bulukumba. 

Kepala Kemenag Bulukumba, H Misbah menjelaskan, Adiwiyata merupakan penghargaan yang diberikan oleh pemerintah kepada sekolah yang berhasil melaksanakan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup. Sekolah tersebut dinilai telah berhasil menerapkan praktik-praktik baik dan perilaku ramah lingkungan hidup di sekolah serta sekitar sekolah.

"Implementasinya mencakup Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS)," ujarnya.

Terpisah, Kepala MIS YPPI Bulukumba, Uliawati mengungkapkan capaian ini merupakan hasil dari kerja keras dari seluruh guru dan warga madrasah.

"Alhamdulillah kami sangat bersyukur karena bisa meraih penghargaan Adiwiyata tingkat provinsi walaupun waktu untuk mengerjakan administrasinya cukup singkat yaitu 5 hari. Tetapi berkat kerjasama dari Tim Work MIS YPPI akhirnya kami bisa menyelesaikan tepat waktu," ucapnya.

Adiwiyata sendiri tidak hanya sekadar penghargaan semata. Lebih dari itu, penghargaan ini sebagai sarana untuk memotivasi institusi pendidikan dalam mengintegrasikan nilai-nilai keberlanjutan dan peduli lingkungan dalam kegiatan sehari-hari baik dalam lingkungan sekolah/madrasah maupun dilingkungan masyarakat.(**)

Penulis: SumEditor: Suparman
  • Bagikan