SMKN 7 Bulukumba Gelar Telepati Part II

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- SMKN 7 Bulukumba, kembali menggelar Temu Lomba Pramuka Sejati (Telepati) Part II. Kegiatan dengan tema "Semangat Lebih Berani Beraksi", berlangsung mulai Jumat 15 hingga 21 Desember 2023.

Kompetisi Kepramukaan ini diikuti 9 penegak dan 6 pangkalan. Acara dibuka secara resmi Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Bulukumba, HA Edy Manaf. Dalam sambutannya, Edy menyampaikan apresiasi dan rasa syukurnya semangat kegarudaan masih terus bergejolak. 

"Saya atas nama pemerintah sekaligus ketua kwarcab menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas terlaksananya temu lomba pramuka sejati. Ini menjadi suatu kebanggaan dan harapan besar bagi kita semua karena dapat kembali melaksanakan ajang bergensi berdaya regional sulsel untuk melatih dan mengasah adik-adik," ungkapnya.

Lebih lanjut, Edy yang juga wakil bupati Bulukumba ini menjelaskan, gerakan pramuka merupakan suatu sistem pendidikan non formal yang melengkapi pendidikan formal dan memiliki jenjang pengaderan. Oleh karena itu, semua harus bangga menjadi anggota pramuka, salah satu organisasi yang menaruh harapan untuk melahirkan kader-kader pemimpin masa depan. 

"Gerakan pramuka adalah wadah yang penting untuk membentuk watak atau karakter bagi generasi bangsa ini. Yang kita lihat begitu derasnya arus informasi yg bisa meruntuhkan nilai-nilai generasi. Pramuka menjadi salah satu organisasi pengkaderan, baik itu karakter yang mendekatkan pada nilai-nilai kebangsaan dan nasionalisme," tuturnya

Edy berharap, kegiatan bukan hanya soal bermain di alam bebas, tetapi membangun keberanian dan tanggung jawab kepada para anggota pramuka. Yang terpenting  belajar membangun tim dan kelompok belajar untuk menjadi pemimpin.

"Semua itu bisa menempa adik-adik kita untuk mandiri, terampil, berani dan bertanggung jawab. Saya menaruh harapan yang begitu besar agar seluruh temu lomba pramuka sejati ini dapat menjadi wadah pelatihan yg bermanfaat bagi para anggota pramuka," tutupnya.

Terpisah, Kepala SMKN 7 Bulukumba, Irmayanti mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda yang setiap tahun dilaksanakan sekolahnya. Tujuannya sebagai wadah meningkatkan sumber daya manusia dan memotivasi anggota Gerakan Pramuka khususnya penggalang dan penegak agar terampil, kreatif, dan mampu menghadapi berbagai tantangan

"Kami berharap semoga kegiatan ini menjadi wadah siswa untuk berekspresi dan menunjukkan talenta, dan menumbuhkan sikap disiplin, dan menjadikan siswa yang berkarakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila," harapnya.(**)

Penulis: SumEditor: Suparman
  • Bagikan