Pj Bupati Bantaeng  Ajak Masyarakat Bersama Perangi Korupsi

  • Bagikan
Foto: Pj Bupati Bantaeng Andi Abubakar. (mad)

BANTAENG, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Penjabat (Pj) Bupati Bantaeng, Andi Abubakar, menghadiri sekaligus membuka kegiatan Sosialisasi Hari Anti Korupsi Sedunia ( Harkodia) Lingkup Pemerintah Kabupaten Bantaeng dengan mengusung tema " Sinergi Berantas Korupsi Untuk Indonesia Maju", di Gedung Balai Kartini Kab.Bantaeng, Kamis 21 Desember 2023.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka  memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia (Harkodia) Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Inspektorat Daerah Kabupaten Bantaeng bekerjasama dengan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bantaeng.

Kepala Inspektorat Daerah Kabupaten Bantaeng, Muh Rivai Nur dalam laporannya menyampaikan, bahwa Peringatan Hakordia ini merupakan bentuk upaya pengingat dan penyadaran kepada publik bahwa korupsi menjadi musuh bersama yang harus diberantas oleh seluruh elemen bangsa.

"Alhamdulillah kegiatan ini kita laksanakan dengan baik sesuai undang- udmnsang nomor 80 tahun 2006. Dengan telah dilakukan sosialisasi ini hendaknya pelanggaran hukum terkait pungutan liar dapat kita cegah dan dihindari bersama, dengan tujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang  pungli dengan harapan pelayanan masyarakat bebas dan bersih dari korupsi," katanya.

"Kemudian memberikan ruang konsultasi bahwa seiring dengan perkembangan tentang penyelenggaraan pendidikan. Selanjutnya secara kelembagaan kita telah lakukan pencegahan yaitu sudah ada Sekdes pungli hal ini di lakukan untuk mencegah kegiatan-kegiatan anti korupsi di Bantaeng" sambungnya.

Sementara Pj Bupati Bantaeng, Andi Abubakar, dalam sambutannya menitipkan pesan kepada seluruh peserta untuk bersungguh-sungguh mengambil peranan penting dalam mencegah tindakan dalam memerangi Korupsi.  

"Banyak orang yang mengatakan tidak korupsi, padahal dia korupsi artinya kita memberikan makanan kepada anak cucu kita dari hasil yang haram karena kita merampas hak milik orang lain," kata Andi Abubakar.

Kata dia, hal kecil atau besar korupsinya yakin bakal cepat rusak. Pada momentum hari itu dia meminta untuk bercakap dalam hati apakah saya siap tolak korupsi demi generasi masa depan. 

"Tugas kita adalah menyiapkan kepada mereka hal-hal yang sebaik-baiknya dan tidak membuat ibu Pertiwi menangis akan tetapi membuat kebanggaan untuk Indonesia Maju," kata dia.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan lomba pidato dan puisi oleh Pj Bupati Bantaeng kepada pelajar berprestasi yang diselenggarakan oleh Inspektorat Daerah Bantaeng dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia Tahun 2023. (mad/has/b)

Penulis: Ahmad ZhuhriEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan