Sirkuit Balap Motor Akan Dibangun di Bira

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba akan membangun sirkuit balapan motor di kawasan wisata Tanjung Bira tahun ini.

Kepala Dinas Parawisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Bulukumba, Ferryawan Z Fahmi mengungkap, program ini telah masuk dalam agenda pembangunan daerah tahun 2024. Pihaknya menyiapkan anggaran Rp 4 miliar untuk mendukung pembangunan sirkuit tersebut.

"Ini sirkuit non permanen, lokasinya di Lapangan Hitam Bira," terangnya.

Menurut Ferryawan, pembangunan sirkuit tersebut sebagai upaya menambah daya tarik di kawasan wisata Tanjung Bira. Karena menurutnya, sektor parawisata dapat dilihat dari tiga komponen utama, yakni atraksi atau daya tarik, amenitas atau fasilitas pendukung, dan aksesebilitas atau akses.

"Kita harapkan keberadaan sirkuit ini menjadi penopang pariwisata di Bira," tambahnya.

Sebelumnya, lanjut Ferryawan, telah dibangun jalan linkar Bara-Lemo-lemo sepanjang 6 kilometer. Pembangunan jalur alternatif ini kembali akan dilanjutkan tahun ini.

"Mudah-mudahan ini akan menjadi daya tarik tambahan wisata tanjung Bira di tahun ini (2024) dan tahun-tahun selanjutnya," harap Feriawan.

Diketahui, realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Disparpora di tahun anggaran 2023 ini masih jauh dari target. Target PAD di Disparpora Bulukumba tahun anggaran 2023 sebesar Rp 12 miliar, namun hanya mampu terealisasi sekira Rp 5,9 miliar atau 49,64 persen dari target.(***)

Penulis: BASO MAREWA Editor: SUPARMAN
  • Bagikan