DPMD Pastikan APBDes 109 Desa Rampung Januari Ini

  • Bagikan
Hj Hamrina Andi Muri (Kepala Dinas PMD)

BULUKUMBA,RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Dinas Pemberdayaa Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bulukumba, menargetkan penyusunan APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa) di 109 desa rampung Januari ini.

Kepala DPMD Bulukumba, Hj. Hamrina Andi Muri mengatakan, desa-desa saat ini sementara melakukan penyusunan dan penginputan APBDes.

"Kami pastikan di Januari ini semuan desa yang tersebar di sembilan kecamatan rampung penyusunan APBDesnya," katanya, Minggu 7 Januari.

Agar penginputan APBDes lebih maksimal, DPMD memonitoring penginputan APBDes setiap harinya.

" Jadi kami pantau terus setiap progresnya sejauh mana, dan setiap minggunya akan kami evaluasi desa-desa apa yang belum dan apa masalahnya, sehingga kami mencarikan solusi," jelasnya.

Tidak hanya itu, lanjut Rina, untuk memudahkan pemerintah desa dalam penyusunan APBDes, pihaknya telah membagikan data base Siskeudes.

" Data base ini berisikan numenklatur atau paket kegiatan, sehingga desa-desa sisa menginput rencana kegiatannya," tuturnya.

Diakuinya, seharusnya APBDes 2024 rampung di akhir Desember lalu. Namun sejauh ini belum ada satupun desa yang rampung APBDesnya.

" Sehingga di Januari ini kami pastikan bahwa APBDes harus rampung di bulan ini. Supaya desa-desa bisa memulai kegiatannya," tutupnya. (***)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Suparman
  • Bagikan