Kusnadi: Jadi Kadis Harus Terbuka dan Terima Saran

  • Bagikan

Kusnadi Kamal S.STP, M.Si, namanya mungkin sudah sangat familiar di lingkup pemerintahan, khususnya di Kabupaten Bulukumba.

Tentunya karena Kusnadi Kamal merupakan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bulukumba. Ia dilantik dan diambil sumpahnya pada 20 Desember 2023 lalu.

Sebelum menjabat sebagai Kepala Dinas Perikanan Bulukumba, Kusnadi pernah menjabat sebagai Kepala Bagian Keuangan di Sekretariat DPRD Bulukumba.

"Bukan hanya di Bulukumba, saya awal bertugas di pemerintahan itu di Kabupaten Enrekang, pada tahun 2001 sampai 2003," katanya.

Menjadi seorang pejabat yang tentunya kerap kali berpindah-pindah instansi, tentu harus beradaptasi dengan lingkungan baru yang terkadang membuatnya menemukan tantangan baru.

"Namun dengan niat tulus, tentu menyikapinya harus dihadapi dan dicarikan solusinya, salah satunya menerima saran dan masukan dari pihak lain," jelasnya.

Membangun komunikasi yag efektif dan berkordinasi dengan berbagai pihak yang berkompeten di bidangnya itu juga cara yang dilakukan Kusnadi saat ia tergabung dalam instansi baru.

"tentu juga arahan dari pimpinan sebagai modal dalam beraktifitas," tuturnya.

Menjabat sebagai Kepala Dinas Perikanan Bulukumba, maka di tahun ini ia akan fokus pada misi ke empat dalam RPJMD yakni meningkatkan produktifitas sumber daya kelautan dan perikanan untuk memenuhi kebutuhan daerah, nasional dan internasional.

"Tentunya dengan melaksanakan program kegiatan maupun sub kegiatan secara maksimal seperti sebelum sebelumnya, melalui bantuan alat tangkap dan pembagunan infrastruktur sperti kolam labuh dan rencana revitalisasi tempat pelelangan menjadi pusat kuliner dalam Kota Bulukumba," bebernya.

Selain itu ia akan mendorong nelayan dalam penggunaan teknologi dalam menangkap ikan dengan mengunakan gps dan sonar, rumpon dan lainnya. (*)

Penulis: FITRIANI SALWAR Editor: HASWANDI ASHARI
  • Bagikan