Pemdes Kahayya Programkan Ketahanan Pangan

  • Bagikan
Musyawarah Desa Kahayya, Kecamatan Kindang.

KINDANG, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Desa Kahayya, Kecamatan Kindang, memprogramkan ketahanan pangan. Program tersebut dianggarkan melalui dsna desa.

Kepala Desa Kahayya, Abdul Rahman mengatakan pengalokasian anggaran desa untuk ketahanan pangan diatur dalam Permendes PDTT Nomor 13 Tahun 2023. Dalam Peraturan tersebut diatur tentang petunjuk operasional tentang fokus penggunaan anggaran dana desa tahun 2024.

"Dan salah satunya adalah ketahanan pangan," katanya.

Menurut Rahman, besaran anggaran yang dialokasikan untuk ketahanan pangan paling sedikit 20 persen dari total anggaran desa.

" Hanya saja untuk di Kahayya kami belum tentukan bantuan apa yang akan kami salurkan. Kalau tahun lalu itu bibit alpukat aligator," jelasnya.

Program ketahanan pangan, lanjut Rahman adalah upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di desa. Apalagi Desa Kahayya merupakan desa wisata.

"Contoh kecilnya jika buah alpukat yang kami salurkan tahun lalu berhasil dikembangkan warga dan hasilnya bagus, maka bisa menjadi oleh-oleh khas Desa Kahayya. Apalagi Desa Kahayya merupakan desa wisata pasti banyak wisatawan yang berkunjung," tutupnya.(*)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Suparman
  • Bagikan