SMAN 12 Bulukumba Siapkan Berbagai Program 2024

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Mengawali semester genap tahun ajaran 2023/2024, SMAN 12 Bulukumba menyiapkan berbagai program. Sekolah dengan status adiwiyata mandiri ini berkomitmen

dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Kepala SMAN 12 Bulukumba, Jasman mengatakan, dalam memulai tahun pelajaran perlu menyusun dan menentukan rencana strategis untuk mencapai visi dan misi sekolah. Secara garis besar disusun melalui rapat kerja dewan guru tata usaha, komite sekolah, dan peserta didik.

Beberapa program yang akan dilakukan, di antaranya mengavaluasi capaian RKJM (Rencana Kerja Jangkah Menengah) 2023-2027 melalui RKTS dan analisis raport pendidikan. Kemudian menyusun Rencana Kerja Tahunan (RKT) 2024, melakukan pembagian tugas pada masing-masing bidang, tenaga pendidik dan kependidikan.

"Dan menyusun Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (RKAS) melalui Aplikasi ARKAS dengan landasan Permendikbudristek No 63 Tahun 2023," paparnya, Minggu 7 Januari 2024.

Menurut Jasman, keempat poin ini akan dijabarkan pada kegiatan inti. Di antaranya mempersiapkan Pameran Hasil P5 (Proyek  Penguatan Profil Pelajar Pancasila) yang akan dilaksanakan pada bulan Februari. Kegiatan ini akan memamerkan seluruh hasil karya dan prestasi siswa selama 1 tahun dengan mengundang seluruh orang tua siswa, komite sekolah, dan pemerintah.

"Harapannya adalah akan menumbuhkan motivasi yang sangat kuat kepada peserta didik maupun orang tua. Di momen ini siswa diberi kesempatan untuk menunjukkan kemampuan dan kompetensinya di hadapan para orang tua, pemerintah dan para Guru serta temanya, yang diikuti pemberian penghargaan bagi peserta didik yang berprestasi," jelasnya.

Lebih lanjut Jasman menuturkan, kegiatan tersebut akan dirangkaikan hari jadi sekolahnya yang ke-17, tepatnya 5 Februari 2024.  Berbeda tahun sebelumnya, tahun ini acara diaksanakan berbagai kegiata.

"Termasuk peresmian sarana pentas siswa yang diberi nama Lego-Lego Pinisi SMAKind," tamhanya..

Rencana program ini , kata Jasman, akan dikolaborasikan dengan pihak pihak terkait diantara Komite sekolah, termasuk para alumni. Ia berharap seluruh program tersebut akan memingkatkan prestasi peserta didik di bidang akademik maupun non akademik dan keagamaan.

"Kami memiliki guru hebat yang akan membimbing peserta didik didukung fasilitas pembelajaran yang memadai, di antaranya Smart School, Smart Board, perpustakaan Digital," tutupnya.(*)

Penulis: SUMEditor: SUPARMAN
  • Bagikan