Disdukcapil Target 1.596 Warga Perekaman e-KTP Sebelum Pemilu

  • Bagikan
Salah satu siswa melakukan perekaman e-KTP mobile Disdukcapil Kabupaten Bulukumba di salah satu sekolah, Selasa, 9 Januari 2024.

BULUKUMBA,RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bulukumba, menargetkan perekaman e-KTP untuk 1.596 orang sebelum pelaksaan Pemilu, 14 Februari 2024. Langkah ini sebagai upaya untuk memastikan warga yang telah bersyarat memilih dapat menggunakan hak pilihnya.

Kepala Disdukcapil Bulukumba, Dedi Rahmadi mengatakan, 1.596 orang yang menjadi sasaran perekaman merupakan pelajar yang telah memasuki usai 17 tahun. Pihaknya pun mengoptimalkan layanan program jemput bola dengan melakukan perekaman e-KTP di sekolah-sekolah.

"Kita targetkan sebelum Pemilu sudah tuntas. Makanya layanan jemput bola ini kita optimalkan dengan mendatangi sekolah-sekolah yang menjadi sasaran, sejak tanggal 8 Januari kemarin," terangnya.

Dedi mengaku, nama-nama siswa yang menjadi sasaran perekaman telah diserahkan ke masing-masing sekolah untuk ditindaklanjuti. Begitu pun jadwal perekaman mobile.

"Ini merupanan Instruksi Dirjen Dukcapil Kemendagri, dimana siswa yang telah berusia 17 tahun menjadi target utama," imbuhnya.

Menurut Dedi, program jemput bola ini sudah berlangsung sejak beberapa tahun terakhir. Namun pada Desember 2023 lalu sempat terhenti karena libur sekolah tingkat SMA sederajat.

"Untuk non pelajar yang belum perekaman, kami sudah berkoordinasi dengan KPU dan jajaran serta para camat untuk mendorong masyarakat yang belum melakukan perekaman e-KTP di Kantor Disdukcapil. Kalau pelayanan di kecamatan itu baru di Kecamatan Kindang dan Bulukumpa," tutupnya. (***)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Suparman
  • Bagikan