Pemdes Lonrong Segera Rampungkan APBDes

  • Bagikan
Musyawarah desa pembahasan program desa di Desa Lonrong, Kecamatan Ujungloe.

UJUNGLOE, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Desa Lonrong, Kecamatan Ujungloe, segera merampungkan penyusunan APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa) tahun anggaran 2024. Anggaran disusun berdasarkan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) yang diusulkan pada musyawarah rencana pembangunan 2023 lalu.

"Dokumen ini berisi rincian kegiatan yang akan dilaksanakan oleh desa selama tahun 2024. Tentu seluruh kegiatan merujuk pada RKPDes yang telah ditetapkan," ungkap Bendahara Desa Lonrong, Nirsan, Selasa, 9 Januari.

Setelah penyusunan APBDes, lanjut Nirsan, dokumen tersebut akan diteliti oleh tim asistensi dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Dalam prosesnya, akan dilakukan perbaikan jika ada kegiatan dianggap tidak sesuai petunjuk teknis.

"Kalau disetujui, selanjutnya dokumen APBDes ini kami tetapkan bersama BPD. APBDes ini akan menjadi acuan dalam pelaksanaan program desa satu tahun ke depan," jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bulukumba, Hj. Hamrina Andi Muri meberikan target penyelesaian dokumen APBDes hingga akhir Januari ini. Pihaknya pun terus memantau proses penyusunan APBDes di 109 desa.

"Kami setiap hari pantau penginputannya. Bahkan kami setiap saat memonitoring progres penyusunannya," tutupnya. (*)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Suparman
  • Bagikan