Pengunjung Perpustakaan Sinjai Alami Trend Peningkatan

  • Bagikan

SINJAI, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Meredanya kasus Covid-19 membuat minat masyarakat untuk datang ke Perpustakaan Daerah mengalami peningkatan signifikan di tahun 2023.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Sinjai mencatat sepanjang tahun 2023 ada 32.913 pengunjung. Jumlah tersebut naik ketimbang tahun sebelumnya.

Angka kunjungan di perpustakaan daerah ini jauh lebih banyak dibanding target awal sebanyak 22 ribu pemustaka atau telah melebihi target dengan presentase 149 persen.

Kepala Dispusip Kabupaten Sinjai Abdul Aziz Amin, saat ditemui di Ruang Kerjanya, Selasa, 9 Januari 2024 mengatakan bahwa peningkatan jumlah pengunjung terjadi tiga bulan terakhir saat fasilitas Taman Literasi mulai difungsikan pada akhir bulan September 2023.

“Salah satu faktor meningkatnya jumlah pemustaka adalah dengan adanya fasilitas Taman Literasi. Ini terbukti jumlah kunjungan terbanyak ada pada bulan Oktober yaitu sebanyak 5.249 kunjungan dan di bulan November sebanyak 4.071 kunjungan,” katanya.

Selain Taman Literasi, yang menarik perhatian para pengunjung untuk datang yakni beberapa fasilitas lainnya seperti BI Corner, Cafe Baca dan fasilitas internet gratis.

Termasuk juga aneka koleksi buku bacaan menarik yang mencapai 25.534 eksamplar.

Mantan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan ini menambahkan bahwa mayoritas pemustaka yang datang berkunjung adalah Mahasiswa, Pelajar dan masyarakat umum.

Ia berharap semoga kedepannya, perpustakaan daerah Kabupaten Sinjai makin sering dikunjungi oleh masyarakat, sehingga bisa menjadi sumber pengetahuan di Bumi Panrita Kitta.

Terlebih di tahun 2024 ini pihaknya akan membangun gedung perpustakaan baru yang lebih representatif dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2024. (mul/has/B)

Penulis: FIRMAN RMMEditor: HASWANDI ASHARI
  • Bagikan