Tiga Kepala OPD Dijabat Plt, Menunggu Regulasi Baru Promosi Pejabat

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Tiga jabatan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Bulukumba yang masih lowong.

Setelah Pemerintah Kabupaten Bulukumba melakukan pengukuhan OPD baru, masih terdapat jabatan Kepala OPD atau pejabat pimpinan tinggi pratama yang masih kosong.

Tiga jabatan kepala OPD yang lowong antara lain Kepala Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja (DiskopUKM Naker), Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda).

Saat ini tiga jabatan kepala OPD tersebut dijabat oleh Pelaksana Tugas (Plt), Kepala DiskopUKM Naker dijabat sementara oleh Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagprin) Andi Alfian Mallihungan.

Selanjutnya, Kepala Bapenda dijabat oleh Sekretaris Bapenda Andi Akrim Amier dan Kepala BPBD dijabat oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Andi Zulkifli Indrajaya.

Bupati Bulukumba melalui Humas Diskominfo Bulukumba, Andi Ayatullah mengungkapkan bahwa untuk mengisi jabatan tersebut Pemkab akan kembali melakukan promosi pejabat.

Namun menurut Andi Ayatullah berbeda dengan promosi pejabat sebelumnya dengan sistem Seleksi Terbuka (Selter), tahun ini akan ada regulasi atau sistem baru.

"Ada aturan barunya terkait selter. Bisa jadi bukan Selter. Masih akan dikonsultasikan dengan BKN (Badan Kepegawaian Negara, red) dan KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara, red)," beber Andi Ayatullah saat dikonfirmasi RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID, Selasa, 9 Januari 2024.

Ayatullah mengungkapkan promosi pejabat rencananya mulai dilakukan pada triwulan pertama atau kedua tahun anggaran 2024.Sebelumnya, Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf mengukuhkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru dalam lingkup Kabupaten Bulukumba.

OPD baru antara lain Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagprin).

Selanjutnya, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Badan Perencanaan Riset dan Inovasi Daerah (Baprida), dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), serta BPBD yang kini telah diangkat menjadi badan.

Olehnya terdapat empat pimpinan OPD tersebut di atas juga kembali dikukuhkan antara lain Syamsul Mulhayat sebagai Kepala Baprida, Alfian Mallihungan sebagai Kepala Disdagprin, Hj. Umrah Asnawi sebagai Kepala DPMPTSP, dan Andi Sufardiman sebagai Kepala BPKAD.

Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf menjelaskan bahwa dipisahkannya sejumlah OPD dilakukan karena adanya perubahan nomenklatur.

"Kita mengukuhkan kembali para pejabat karena harus menyesuaikan dengan regulasi yang baru," kata Andi Utta sapaan Andi Muchtar Ali Yusuf.

Andi Utta berharap pengukuhan ini menjadi momentum bagi para pejabat OPD untuk dapat bekerja lebih maksimal lagi.

"Saya berharap di 2024 untuk terus kita melakukan hal yang lebih baik. Pelayanan kepada masyarakat harus lebih baik," harap Andi Utta kepada para pejabat OPDnya. (ewa/has/B)

Penulis: BASO MAREWA Editor: HASWANDI ASHARI
  • Bagikan