Kisah Syahrul Guru Honorer yang Sudah Mengabdi Selama 10 Tahun

  • Bagikan
Muhammad Syahrul

Berprofesi sebagai guru, merupakan salah satu tugas yang mulia karena mencerdaskan anak bangsa.

Hal inilah yang dipegang teguh oleh seorang guru honorer dari Kecamatan Bulukumpa bernama lengkap Muhammad Syahrul.

Menjadi guru honorer telah dijalani ayah dari dua orang anak ini selama 10 tahun. Diceritakannya bahwa banyak suka duka selama ia menjadi guru honorer. 

"Salah satu sukanya itu, guru honorer kadang dipandang sebelah mata oleh masyarakat, belum lagi soal pendapatan guru honorer yang terkadang tidak ada. Bahkan pernah di awal-awal saya mengajar itu sekira tahun 2013 lalu saya hanya digaji Rp 100 ribu per tiga bulan," katanya.

Tidak sampai di situ saja, guru Bimbingan Konseling (BK) di SMA Negeri 2 Bulukumba ini juga menyampaikan bahwa sebelum ia mengabdikan diri di tempatnya mengajar saat ini, pada tahu 2013 lalu ia mengabdikan diri di SMP 44 Bulukumba. Kemudian di tahun 2019 pindah ke SMK 5 Bulukumba tepatnya di Kecamatan Rilau Ale.

"Hingga akhirnya di tahun 2023 lalu, saya pindah mengajar di SMA Negeri 2 Bulukumba," jelasnya.

Syahrul juga menyampaikan bahwa selama ia menjadi guru honorer dengan penghasilan di bawa rata-rata, ia harus mengambil pekerjaan tambahan untuk menutupi biaya kebutuhan ekonomi keluarganya.

"Tentunya sebagai kepala keluarga, saya memiliki kewajiban untuk menafkahi keluarga, kalau hanya mengandalkan gaji saya sebagai guru honorer itu tidak akan cukup, makanya saya mengambil pekerjaan tambahan, saya bertani," tambahnya.

Berkat kesabaran dan niat tulusnya mengabdikan diri untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa, maka pada tahun 2023 lalu, ia dinyatakan lolos P3K (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak).

"Bahkan bukan hanya saya, istriku juga lulus P3K, yang sama-sama berprofesi sebagai guru honorer seperti saya," tutupnya. (*)

Data Diri:

NAMA LENGKAP : MUHAMMAD SYAHRUL 

TEMPAT TANGGAL LAHIR:  BULUKUMBA 15-10-1987

JENJANG PENDIDIKAN:  

SD NEGERI 185 BIALO MASUK 1994, Tamat 2000

SLTP NEGERI 2 GANGKING MASUK 2000, Tamat 2003

SMA NEGERI 1 BULUKUMBA MASUK 2003, Tamat 2006

S1 STKIP MUHAMMADIYAH BULUKUMBA MASUK 2006, Tamat 2010

S1 STKIP MUHAMMADIYAH BARRU MASUK 2011,Tamat 2014

HOBI: BERTANI 

NAMA ISTRI: WAHYU SAPUTRI

NAMA ANAK: DAVINA KHAIRA SYAHLA 

                      DAFITA NISA SYAHLA

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan