Mengenal Sosok Kepala MA YPPI Bulukumba

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Energik, ramah dan powerfull itulah kesan utama ketika bertemu dan melihat Ashadi Cahyadi, S.Pd., M.Pd. Ady sapaan akrabnya adalah sosok Kepala Sekolah dengan segudang prestasi dan juga penulis handal yang telah banyak menorehkan karya-karya emasnya.

Pria kelahiran Bulukumba, 10 Januari 1981, yang kini menjabat sebagai Kepala Madrasah Aliyah (MA) YPPI Bulukumba tersebut memiliki trackrecord prestasi yang luar biasa tidak hanya dibidang akademik tetapi juga dinon akademik.

Ashadi menyebutkan deretan prestasi yang telah diraihnya sejak menjadi tenaga pendidik yakni Finalis Lomba Anugerah Konstitusi Bagi Guru Ppkn Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2014, Juara 3 Lomba Kompetisi Guru Madrasah Berprestasi Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2015, Juara 3 Lomba Media Pembelajaran Tingkat Kabupaten Bulukumba Tahun 2016, dan Juara Harapan 1 Lomba Kompetisi Guru Madrasah Berprestasi Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2016.

"Selain itu, saya juga pernah menerima Penghargaan Guru Berprestasi oleh Bupati Bulukumba Tahun 2016, Juara 3 Lomba Menulis Kisah Inspiratif Yang Diselenggarakan Baznas Kabupaten Bulukumba Tahun 2018, Menerima Penghargaan Satya Lencana Karya Satya 10 Tahun Pada Tahun 2018 dan Finalis Lomba Anugerah Konstitusi Bagi Guru Ppkn Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2018," ungkapnya, Rabu 14 Februari 2024.

Alumnus S2 Universitas Muslim Indonesia (UMI) Manajemen Pendidikan Islam menyampaikan sebelum ia diangkat menjadi 

ASN tahun 2007 dan ditempatkan di MTs Negeri Karassing Kecamatan Herlang, sebelumnya pada tahun 2004 ia mengabdikan diri sebagai guru honorer di MTs YPPI Bulukumba, tahun 2005 sebagai guru honorer di Madrasah Aliyah YPPI Bulukumba dan  SMKN 1 Bulukumba sampai Tahun 2009, tahun 2006 juga sebagai guru honorer SMA PGRI Bulukumba dan SMP satu atap Herlang sampai tahun 2010.

"Suatu kebanggaan tahun 2009 diangkat sebagai Plt Kepala Madrasah Aliyah YPPI Bulukumba, 2009 terangkat sebagai PNS di SMA Negeri 1 Liukang Tupabbiring Pulau Balang Lompo Kabupaten Pangkep,

pada tahun yang sama SK PNS di Kementerian Agama Bulukumba juga terbit dan ditempatkan di MTs Negeri Karassing Herlang melalui jalur Data Base, Dimana pada SK TMT tahun 2007 akan tetapi SK Terbit 2009," bebernya.

Selain menjadi kepala sekolah, berbekal kemahiran dalam literasi dan menulis, tak heran, Ashadi Cahyadi telah menerbitkan dan mempublikasikan sejumlah buku-buku karyanya diantaranya, Novel  Amplop Dari Ayah, Antologi Puisi Potret Kehidupan, Antologi Puisi Pupus, Antologi Best Practice Sgi Bulukumba, Antologi Cerpen Pulang, Buku Strategi Kepala Madrasah Dan Kompetensi Guru, dan Buku Motivasi : Buku Ini Untukmu (Catatan Harian Seorang Ayah).

"Menulis buku dan membaca adalah hobby saya. Dengan karya-karya saya InsyaAllah akan selalu dapat bermanfaat bagi sesama sesuai porsi dan kemampuan serta jalur yang seimbang dengan prinsip  berpikir, berniat dan berbuatlah yang baik, maka manusia dan allah akan berbuat yang sama," tambahannya.

Pria tiga anak ini, selain dikenal Kepala Sekolah dengan segudang karya dan prestasi, beliau juga tergabung dalam berbagai organisasi Sekretaris MGMP Kabupaten tingkat MTs Kabuapten bulukumba

sekretaris Persatuan Guru Madrasah Indonesia (PGMI), Sekretaris Kelompok Kerja Kepala Madrasah Aliyah Kabupaten Bulukumba, Pengurus PGRI Kecamatan Herlang, Pengurus Kelompok Kerja Kepala Madrasah Aliyah tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Pengurus pencak Silat Prisai Putih Kabupaten Bulukumba, Sekretaris Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Ranting Herlang Kabupaten Bulukumba, pengurus jaringan  sekolah digital  Indonesia Kabupaten Bulukumba.

"Dalam meniti karir saya berharap saya bekerja dengan tulus dan seoptimal  mungkin dan memberikan segala kemampuan yang saya miliki, untuk urusan karir tentunya saya serahkan sepenuhnya kepada Allah karena hakikatnya saya adalah seorang guru yang bahagia bila selalu bisa berbagi ilmu dengan siswa," tutupnya. ***

---------

Profil Singkat

1. Nama : Ashadi Cahyadi, S.Pd., M.Pd

2. Ttl : Bulukumba 10 Januari 1981

3. Alamat : jl. dr. Wahidin Sudiro Husodo no. 3 Bulukumba 

4. Pekerjaan : PNS dalam lingkup Kementerian Agama Kabupaten Bulukumba 

5. Jabatan : Kepala Madrasah Aliyah YPPI Bulukumba

6. Tempat bekerja : Madrasah Aliyah YPPI Bulukumba.

7. Nama Istri : Rahmaniar, s.pd (guru SMKN 1 Bulukumba )

Nama Anak  : 1 Abid Syaddad Ahdiyat Cahyadi

                2. Muh. Sakti Abqori Cahyadi

                  3. Putri Salsabila.

Penulis: Sumarni Editor: Haswandi Ashari
  • Bagikan