Siswa SMKN 1 Ciptakan Produk Tempat Sampah Otomatis dan Produk SmartPlug

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Peserta didik kelas XII Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK Negeri 1 Kabupaten Bulukumba, berhasil menciptakan dua produk inovasi baru yakni Tempat Sampah Otomatis dan Produk SmartPlug.

Guru SMK Negeri 1 Kabupaten Bulukumba, Muh. Ridhatullah menjelaskan produk tempat sampah otomatis tersebut adalah sebuah produk atau karya inovasi Produk Siswa SMK 1 Bulukumba program Studi TKJ, alat ini merupakan tempat sampah yang otomatis, dimana yang otomatis itu adalah apabila ingin buang sampah otomatis terbuka dan tertutup apabila seseorang berada di depan tempat sampah tersebut (maksimal 50 cm) dan tertutup secara otomatis pula.

"Ide anak-anak ini muncul bermula dari kegelisahan melihat banyak remaja terutama siswa ataupun pelajar yang kurang peka terhadap kebersihan lingkungan, dan kurangnya kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya terkhusus di sekolah. Dari keprihatinan tersebut peserta didik jurusan TKJ berinisiatif untuk membuat prototipe yang menarik dari barang bekas dan dijadikan sesuatu yang lebih bernilai," ungkapnya, Rabu 14 Februari 2024.

Lebih lanjut ia menjelaskan untuk Produk  SmartPlug, alat ini merupakan peralatan Listrik Saklar atau Colokan Otomatis yang bisa disambungkan dengan peralatan listrik seperti Kipas angin, TV  radio, Kulkas, AC dan lain-lain.

"Alat ini bisa di remot atau dikendalikan dari jarak jauh dimana pun berada dengan menggunakan aplikasi di Smartphone yang terkoneksi dengan jaringan internet, sehingga sangat memudahkan untuk mengontrol peralatan elektronik kita di Rumah walaupun kita berada di luar rumah," tambahnya.

Beliau juga mengungkapkan tujuannya adalah inovasi ini merupakan hasil dari Program mata pelajaran PKK ( Produk Kreatif dan Kewirausahaan) yang merupakan salah satu Mata Pelajaran di SMK, dimana hasil dari Mapel ini merupakan suatu Produk baik itu produk Barang maupun jasa termasuk juga salah satu karya atau produk inovatif yg dihasilkan oleh para siswa TKJ SMK 1 Bulukumba, selain itu juga untuk melatih kreatifitas siswa SMK dimana siswa SMK dituntut untuk siap kerja dan berjiwa entrepreneur.

"Dengan adanya produk inovatif ini kami dari unsur Pimpinan sangat mengapresiasi hasil karya siswa kami yang sangat luar biasa, yang menurut kami ternyata siswa itu bisa berbuat lebih yang diharapkan dengan adanya produk yg dihasilkan ini, harapan kami agar para siswa siswi Di SMK Negeri 1 Bulukumba bisa lebih kreatif dan inovatif dalam menghasilkan produk 2 baru yang inovatif yang bisa bernilai jual sehingga para siswa dapat mengembangkan life skillnya baik menghasilkan produk maupun belajar sebagai enterpreneur (pengusaha) dimana tujuan SMK itu adalah Biasa disebut BMW (Bekerja, Melanjutkan Pendidikan dan Wirausaha)," tutupnya. ***

Penulis: Sumarni Editor: HASWANDI ASHARI
  • Bagikan