Ini Dia Ayah-Anak Lolos di DPRD Kota Makassar dan DPRD Sulsel

  • Bagikan
H. Musakkar dan putranya Imam Musakkar.

MAKASSAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Calon Legislatif (caleg) pendatang baru Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) H. Musakkar membuat kejutan di Pemilu 2024. Berdasarkan hasil perhitungan sementara (real count) KPU RI, Minggu 18 Februari 2024, H. Musakkar yang berada di Dapil Makassar B berhasil mengumpulkan suara terbanyak mengungguli suara Sekretaris DPW PKB Sulsel Muhammad Haekal dan politisi perempuan Misriani Ilyas.

Sampai Minggu pagi 18 Februari 2024, suara H. Musakkar tak terkejar. Pemilik show room Pattara Mega Oto ini mengumpulkan 5.812 suara. Sementara Muhammad Haekal hanya meraih 2.109 suara dan Misriani Ilyas 2.053 suara. Dapil Makassar B yang selama ini tidak pernah mendudukkan wakil dari PKB bisa dipastikan pada Pemilu 2024 ini berhasil didobrak oleh H. Musakkar.

Menariknya adalah putra dari H. Musakkar yakni Imam Musakkar yang sama-sama di Partai Kebangkitan Bangsa, juga sukses meraih suara terbanyak untuk DPRD Kota Makassar di Dapil 4. Imam yang merupakan petahana dan pemilik kursi terakhir pada Pemilu sebelumnya, pada Pemilu 2024 ini mengamankan satu kursi PKB di Dapil Panakukkang - Manggala. Suara Imam Musakkar jauh melesat di angka 3.007.

Per hari ini, Minggu 18 Februari 2024, suara masuk sudah 49,94 persen. Menurut Nurmal Idrus, mantan Ketua KPU Kota Makassar, dengan posisi perolehan suara yang hampir 50 persen bisa diprediksi angka-angkanya tidak meleset jauh. "Dari catatan saya, untuk DPRD Sulsel yang sudah mengamankan kursi adalah Nasdem, PPP, PKB dan Golkar. Artinya 4 kursi hampir pasti dimiliki caleg dari ke-3 partai ini. Dua kursi lagi masih diperebutkan oleh PDIP, PKS dan Gerindra," ujar Direktur Nurani Strategic ini.

Siapa H. Musakkar?

Siapa sebenarnya H. Musakkar? Pengusaha yang dikenal ramah ini lahir di Soppeng. Meski begitu ia menghabiskan masa mudanya di Karuwisi, Makassar. Ia akrab disapa H. Sakka. Sebagai pengusaha otomotif ia tidak serta merta meraih kesuksesan begitu saja. Berbagai kesulitan hidup sudah ia jalani.

"Saya tidak lahir dari keluarga kaya raya. Bukan juga dari keturunan ningrat. Saya hanya anak kampung dari Soppeng yang datang merantau di Makassar. Semua kesulitan hidup sudah saja jalani. Dan saya sampai pada satu kesimpulan bahwa sebagai manusia kita harus terus berbuat baik," urainya saat ditemui di Show Room Pattara Mega Oto, Sabtu 17 Februari 2024.

H. Musakkar juga tidak mau sesumbar bahwa satu kursi sudah aman dan ia melenggang dengan mulus ke DPRD Sulsel. "Banyak yang menelepon kasi ucapan selamat. Saya sendiri memilih menunggu selesainya perhitungan suara. Kita kan sudah berikhtiar, sisanya berdoa dan itu tadi terus saja berbuat kebaikan," tandas H. Musakkar yang bersiap melaksanakan ibadah umroh pekan ini.

Sebagai pendatang baru di dunia politik, H. Musakkar mengaku tidak banyak memiliki bekal. "Saya belajar dari politisi lain yang sudah beberapa periode duduk di DPRD. Saya juga tidak punya konsultan khusus. Semuanya mengalir apa adanya. Hanya dibantu relawan yang memang militan di lapangan," ujarnya.

H. Musakkar memang terlatih sebagai petarung yang tak pernah menyerah. Di dunia bisnis ia mengaku sudah jatuh bangun berkali-kali. "Saya ini supir pete-pete yang kemudian belajar berbisnis. Jadi tidak mudah untuk bisa seperti sekarang ini. Alhamdulillah Allah sudah beri saya lebih dari cukup. Insya Allah jika diberi amanah menjadi wakil rakyat saya akan mengabdi sepenuh hati untuk masyarakat," tegasnya. (una)

  • Bagikan