56 Tahun KSP Berkat, Berawal Dari Koperasi Kolong Rumah 

  • Bagikan
Dr. Ir. H.A. Makkasau, ST., MM (Ketua KSP Berkat)

Prinsip gotong royong, dalam perwujudan koperasi  menyelamatkan perekonomian masyarakat, hal ini jugalah yang menjadi tujuan terbentuknya Koperasi Simpan  Pinjam (KSP) Berkat.

Koperasi yang berkantor pusat di Kabupaten Bulukumba itu, kini tepat berusia 56 tahun.

Tak banyak yang tahu bahwa koperasi yang kini memiliki kantor megah dan kantor cabang yang tersebar di seluruh daratan Sulawesi, awalnya hanya koperasi yang berkantor dibawa kolong rumah.

(Lomba mewarnai)

Dengan kerja keras ketua dan pengurus Koperasi yang dibangun pada tahun 1967 oleh H Arifuddin (almarhum) berhasil eksis hingga saat ini.

Kehadiran Koperasi Simpan Pinjam Berkat, kata DR Ir H Andi Makkasau, ST., MM ini  unit usaha yang bergerak di bidang jasa keuangan ini, hadir untuk menjadi penyelamat warga, dari para rentenir.

" Sebagai penyelamat ekonomi masyarakat, koperasi ini lahir di masa peralihan orde lama ke orde baru," katanya.

Pada saat itu kata pria yang akrab disapa Karaeng Lompo,  kondisi perekonomian, sangat tidak stabil, rentenir merajalela dimana-mana. 

" Merasa prihatin dengan kondisi tersebut akhirnya H Arifuddin (Alm) dan beberapa orang dari internal keluarga menggagas KSP Berkat," tuturnya.

(Donor darah)

Dalam menjalankan perannya, KSP Berkat tidak langsung sesukses sekarang ini, tidak memiliki kantor semegah sekarang ini.

" Modalnyapun hanya Rp5.000, namun berkat tekad dan kerja keras pengelola, dari modal Rp5.000 itulah kini KSP Berkat memiliki aset senilai miliaran rupiah, bahkan telah memiliki kantor cabang yang tersebar diseluruh penjuru Sulawesi," jelasnya.

Andi Makkassau sendiri, merupakan ketua KSP Berkat yang kedua, yang resmi menjabat  pada tahun 2006 sampai sekarang, setelah ketua yang pertama yakni H Arifuddin meninggal pada tahun 2006 silam.

Koperasi yang memiliki ratusan karyawan itu telah mengantongi sejumlah penghargaan atas dedikasinya dalam memajukan perokonomian masyarakat, di antaranya penghargaan bakti koperasi dan usaha kecil menengah tahun 2013, Penghargaan tokoh penggerak koperasi Provinsi Sulsel tahun 2013, Certified Indonesian International award winner 2013, Best 30 companies future leaders award 2013, penghargaan atas kontribusi dalam pembangunan Sulsel 2008-2018, tanda kehormatan satya lencana wira karya dari Presiden RI tajun 2017 dan masih banyak penghargaan lainnya.

Sekadar informasi sebagai rangkaian kegiatan HUT KSP Berkat, maka dilaksanakan beragam kegiatan, di antaranya donor darah, lomba mewarnai, jalan santai dan beragam kegiatan lainnya.

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan