341 Kelas XII SMKN 1 Bulukumba Ikuti UKK

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Sebanyak 341 peserta didik kelas XII SMK Negeri 1 Kabupaten Bulukumba mengikuti Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) Tahun ajaran 2023/2024, berlangsung mulai Senin 4 sampai 6 Maret 2024.

WakaHubinMas SMK Negeri 1 Kabupaten Bulukumba, Sukma Intang, menyampaikan jumlah peserta didik tersebut berasal dari delapan jurusan keahlian yakni Akuntansi Keuangan Lembaga, Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran, Bisnis Daring Pemasaran, Tata Busana, TKRO, TKJ, Teknik Audio Video, dan Nautika Kapal Penangkapan Ikan.

"UKK ini adalah salah satu upaya pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan khususnya tingkat SMK. Ini dilaksanakan di akhir masa studi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi atau satuan pendidikan terakreditasi bersama mitra dunia usaha/industri," ungkapnya, Senin, 4 Maret 2024.

Sukma sapaan akrabnya juga menuturkan hasil UKK bagi peserta didik akan menjadi indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan. Sedangkan bagi stakeholder hasil UKK dijadikan sumber informasi atas kompetensi yang dimiliki calon tenaga kerja.

"UKK ini juga bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan peserta didik, mendiagnosis kesulitan belajar peserta didik serta mengetahui efektivitas proses pembelajaran dan mengetahui pencapaian kurikulum," tambahnya.

Pihaknya berharap dengan program ini, SMKN 1 Bulukumba bisa menghasilkan lulusan yang berkompeten. Hasil UKK akan menjadi indikator pencapaian standar kompetensi lulusan.

"Kami harapkan melalui UKK dan sertifikasi ini para siswa memiliki wawasan dan kemampuan. Sehingga lulusan SMKN 1  Bulukumba siap pakai di dunia usaha nantinya," harapnya. (sum/has/B)

  • Bagikan