Pentas Seni Meriahkan Praktek Seni Budaya di MTsN 2 Bulukumba

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pentas Seni Budaya dari siswa-siswj kelas IX MTsN 2 Bulukumba sukses diselenggarakan akhir pekan kemarin. Pentas tersebut merupakan salah satu kegiatan dari ujian praktik mata pelajaran Seni Budaya.

Wakamad Humas MTsN 2 Bulukumba, Masyitah mengatakan sesuai standar kompetensi lulusan untuk mata pelajaran seni budaya bagi siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs), siswa lulusan MTS diharapkan mampu memahami prinsip-prinsip seni, yang terdiri dari seni rupa, seni tari, seni musik dan seni drama. 

"Selain itu para siswa juga diharapkan mampu memahami seni-seni yang terdapat di Nusantara dan Mancanegara, prospeknya di masa yang akan datang, serta menguasai dasar-dasar seni dan menghasilkan karya seni sederhana secara mandiri," ungkapnya, Senin, 4 Maret 2024.

Ia menjelaskan sebelum pentas seni ini digelar, siswa telah membentuk sebuah kelompok dan menentukan tarian yang akan ditampilkan. 

"Semua siswa kelas IX wajib mengikuti ini dan siswa diberikan waktu dan kesempatan kepada setiap kelompok untuk berlatih. Alhamdulillah anak-anak sangat antusias dan bersemangat," tambahnya.

Menurutnya ujian praktek ini selain sebagai salah satu syarat atau kriteria kelulusan juga bertujuan untuk menguji penguasaan keterampilan siswa pada mata pelajaran seni budaya, juga untuk mengukur ketercapaian kurikulum pembelajaran.

"Melalui ini akan menjadikan anak didik lebih percaya diri dan kami juga dapat melihat potensi yang dimiliki anak didik yang kemudian nantinya dapat dikembangkan," tutupnya. (sum/has/B)

  • Bagikan