Ukur Pencapaian Kompetensi Siswa, SMKS Pepabri Gelar UKK

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- SMKS Pepabri Kabupaten Bulukumba melaksanakan Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK) untuk Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR), berlangsung di bengkel sekolah, mulai Senin 4 sampai 6 Maret 2024.

Ketua Panitia UKK SMKS Pepabri Bulukumba, Irfan Setiawan menyebutkan jumlah peserta didik yang mengikuti UKK sebanyak 18 orang dengan menghadirkan dua penguji yakni dari pihak Industri adalah dari Toyota H.Kalla yaitu  Abdul Rahim yang kerap disapa Pak Killer juga Andi Muhammad Yusuf.MPd adalah dari pihak sekolah.

"Untuk memperlancar UKK, sebelumnya telah dilakukan verifikasi alat untuk mempermantap persiapan. Adapun paket UKK yang dipilih adalah general servis," ungkapnya, Selasa, 5 Maret 2024.

Terpisah, Kepala SMKS Pepabri Bulukumba H. Samsul Bahri menyampaikan UKK merupakan ujian nasional untuk SMK dengan materi uji berupa praktik, dan teori. Sehingga, hasil UKK dapat dijadikan indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan yang bermanfaat bagi sekolah, peserta didik sebagai pencari kerja, maupun dunia industri.

"Harapannya dengan diadakan UKK ini semoga setiap anak bisa mempunyai lisensi, karena mekanisme penilaian UKK ada dua, yaitu dari penguji internal (pihak sekolah) dan penguji ekternal dari Dunia Usaha atau Dunia Industri. Kami juga berharap semoga siswa yang mengikuti UKK berhasil lulus dengan predikat kompeten. Karena jika tidak harus mengulang tahun depan. Kami juga meminta agar mengikuti UKK dengan baik sesuai SOP," tutupnya. (sum/has/B)

Penulis: SUMARNIEditor: HASWANDI ASHARI
  • Bagikan