UKK ATPH SMKN 4 Bulukumba Berjalan Lancar

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pelaksanaan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK)  peserta didik Kelas XII jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (ATPH) di SMK Negeri 4 Kabupaten Bulukumba yang dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 5 sampai 6 Maret 2024 yang diikuti sebanyak 27 peserta berjalan sukses dan lancar.

Pada UKK kali ini, untuk penguji eksternal menghadirkan St. Yus Suryani dan Husain,S.TP,.M.Si dari Politani Negeri Pangkep.

Kepala SMKN 4 Bulukumba Syamsul Bahri menyebutkan uji kompetensi ini merupakan penilaian yang diselenggarakan khusus bagi siswa untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik dijenjang kelas XII.  Hasil UKK bagi peserta didik akan menjadi indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan. Sedangkan bagi stakeholder hasil UKK dijadikan sumber informasi atas kompetensi yang dimiliki calon tenaga kerja.

"Sebenarnya di SMKN 4 Bulukumba ada dua jurusan. Jurusan lainnya yakni jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL). Namun untuk UKK-nya, akan dilaksanakan setelah lebaran Idul Fitri, karena baru saja ditarik dari industri pasangan pada kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang," ungkapnya, Kamis 7 Maret 2024.

Syamsul Bahri mengemukakan, UKK mulai pertama hingga hari kedua suatu kesyukuran berjalan aman, lancar, dan terkendali. Dimana  kompetensi keahlian ATHP dengan penguji dari Industri bisa menilai dengan baik.

"Sebelum UKK dilaksanakan, berbagai persiapan. Hal ini dilakukan guna memastikan bahwa seluruh tahapan dalam UKK berjalan dengan baik dan tidak ada hambatan yang menghambat pelaksanaannya," tambahnya.

Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan UKK kali ini, terutama kepada para siswa dan guru yang telah bekerja keras dalam persiapan dan pelaksanaan UKK.

"Kami juga ucapkan terima kasih kepada para penguji UKK dari Politani Negeri Pangkep dan pihak gur. Semoga siswa semua lulus, agar mereka mendapatkan sertifikat kompetensi dari jurusannya," tutupnya. (sum/has/B)

Penulis: SUMARNI Editor: HASWANDI ASHARI
  • Bagikan