Pengurus Masjid ICDT Hadirkan Pasar Ramadan

  • Bagikan
Masjid ICDT Bulukumba

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pengurus Masjid Islamic Center Dato Tiro (ICDT) menggelar amaliah Ramadan dengan salah satu rangkaian kegiatan Pasar Ramadan di lantai dasar ICDT yang akan berlangsung sampai tiga hari menjelang Idul Fitri 1445 H.

Di Pasar Ramadan itu akan dimulai sore hari menjelang buka puasa, dan disediakan aneka takjil serta bahan kebutuhan Ramadan lainnya.

Namun ada aturan yang wajib dipatuhi oleh seluruh pedagang maupun pembeli, yakni enghentikan seluruh aktivitas jual belinya pada saat adzan mulai dikumandangkan dan dilanjutkan kembali setelah pelaksanaan salat berjamaah.

Pengurus Masjid ICDT, Andi Mappiwali, mengungkapkan bahwa digelarnya Pasar Ramadan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan Pendapatan pelaku usaha dalam Ramadan ini.

Selain menyiapkan Pasar Ramadan, pihak Masjid ICDT juga menyiapkan program untuk menarik jemaah khususnya jemaah Tarawih.

"Insya Allah kami juga akan menyiapkan doorprize bagi jamaah yang rajin melaksanakan shalat Tarwih di lCDT dengan menyetor fotocopy KTP setiap malam, dimulai pada malam ke 11 sampai akhir ramadan," ungkapnya.

"Dan yang berhak mendapatkan kupon undian yaitu jamaah yang kehadirannya minimal 15 hari dari hari ke 11 sampai hari ke 30," tambahnya.

Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf juga menjalankan Tarawih pertamanya di Masjid ICDT pada Senin, 11 Maret 2024.

Pada kesempatan itu Andi Utta mengajak kaum muslimin bersyukur karena kembali dipertemukan dengan ramadan, bulan yang penuh berkah dan kemuliaan.

"Olehnya itu mari kita menyambut bulan suci ramadan ini dengan penuh suka cita dan memperbanyak ibadah," ujarnya.

Untuk menghormati kesucian bulan ramadhan, Andi Utta mengimbau seluruh pihak untuk  menjauhkan segala aktivitas yang menodai ibadah puasa, seperti tidak melakukan aktivitas yang dapat mengganggu ketenteraman di lingkungan sekitar seperti balapan liar, penggunaan petasan dan lain sebagainya.

Ia juga berharap pada momentum ramadan ini, agar senantiasa memupuk persaudaraan, kebersamaan antar warga, meningkatkan empati dan kepedulian sosial kepada masyarakat yang kurang mampu dan masih membutuhkan bantuan.

"Saya juga berharap bahwa masyarakat Bulukumba dapat menampakkan citra sebagai orang yang memegang teguh akan nilai budaya dan agama dan berkomitmen melaksanakan nilai-nilai kebaikan dalam kehidupan sehari-hari," ungkapnya.

Untuk diketahui, sebagaimana tahun tahun sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Bulukumba akan menggelar Safari Ramadan di 10 Kecamatan. Safari Ramadan akan dimulai pada hari Rabu 13 Maret 2024 di Desa Balong Kecamatan Ujung Loe. ****

  • Bagikan